Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Nasima Kota Semarang

  • Ni Made Cahyani Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Nur Khoiri Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
  • Nurkolis Nurkolis Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah
Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Kepala Sekolah

Abstrak

Sub fokus penelitian ini adalah perencanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka, pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dan evaluasi strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama Nasima Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama Nasima Kota Semarang.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: orientasi, eksplorasi fokus, dan analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dilakukan dengan meliputi identifikasi kebutuhan, penetapan program sekolah dan sosialisasi program. 2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dengan menciptakan pembelajaran yang inovatif, merancang program P5 sesuai dengan tema yang ditentukan, membentuk team dan penanggung jawab pelaksanaan program sekolah. 3) evaluasi strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dengan menentukan instrumen penilaian berupa angket dan lembar observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Anggraena. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen. Badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi rependidikan Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Adminsitrasi, 1-12.
Barlian, U. C. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1-12.
Rizal, M. (2022). Kompetensi Guru PAUD Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 24-39.
Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 57-66.
Aprida, Y. H. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru,. Journal of Education Research, 160-164.
Darmawan, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru,. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 244-56.
Rahayu. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6313-6319.
Eti, R. (2020). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 80-94.
Zubaidah, A. (2024). Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP 1 Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Islam., 22-32.
Arikunto, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba.
Sagala. (2019). Administrasi Pendidikan Kotemporer. Bandung: Alfabeta.
Triyo, M. d. (2019). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, . Bandung: Rafika Aditama.
Bismar, I. P. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Guru di SMP Swasta Prama Artha Kab. Simalungun. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2716-3083.
Yundri, A. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Manajemen Perubahan untuk Pengembangan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah. Indonesian Research Journal on Education., 260-268.
Diterbitkan
2025-03-25
Bentuk Sitasi
Cahyani, Ni, Nur Khoiri, and Nurkolis Nurkolis. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 25, 2025): 377-391. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2801.
Section
Articles