Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Studi Para Tokoh Pendidikan Islam Klasik

  • Muhammad Rum Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sonya Elsa Triyana Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ismail Ismail Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Kata kunci: Critical Thinking, History, Classical Islamic Education

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa lebih dalam terkait bagaimana SKI (khususnya para tokoh Islam klasik) menjadi suatu pelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dipergunakan dalam kajian ini merupakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alur analisa mengacu pada teori Miles & Huberman, dengan triangulasi data sebagai uji keabsahannya. Hasil studi menyatakan pembelajaran SKI khususnya terkait tokoh pendidikan Islam klasik dapat dipergunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat dari beberapa indikator dalam berpikir kritis yang mampu dilaksanakan dengan baik oleh siswa. Meskipun pada indikator inferensi dan eksplanasi belum terlaksana dengan maksimal, akibat beberapa kendala yang dialami oleh siswa. Beberapa kendala tersebut diakibatkan karena kurangnya sumber belajar atau sumber informasi yang digunakan serta kurangnya kepercayaan diri ketika mengungkapkan opininya di depan kelas.

Abstract

The purpose of this study is to analyze more deeply how SKI (especially classical Islamic figures) becomes a lesson that can improve students' critical thinking skills. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. The primary and secondary data used in this study are primary and secondary data. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. The analysis flow refers to the theory of Miles & Huberman, with data triangulation as a test of its validity. The results of the study state that SKI learning, especially related to classical Islamic education figures, can be used to improve students' critical thinking skills. This can be seen from several indicators in critical thinking that can be implemented well by students. However, the inference and explanation indicators have not been implemented optimally, due to several obstacles experienced by students. Some of these obstacles are caused by the lack of learning resources or sources of information and a lack of self-confidence when expressing their opinions in front of the class.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Florea, 6(1), 45–53.
Asari, H. (2018). Sejarah Pendidikan Islam: Membangun Relevansi Masa Lalu dengan Masa Kini dan Masa Depan (Cetakan I). Perdana Publishing.
Fitriyah, K. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pembelajaran Berbasis Riset. Heritage: Journal of Social Studies, 1(1), 111–124.
Hamdani M., Prayitno B. A., & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.
Kurniasih, L. R. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs Negeri 02 Kepahiang. IAIN Curup.
Mudzakkir, A., Naro, W., Yahdi, M., Suarni, & Muliyani. (2024). Sejarah Pendidikan Islam: Karakter Pendidikan Islam Klasik & Modern. IJIER: Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 1(3), 176–186.
Nurjaman, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “ASSURE” (Cetakan I). CV. Adanu Abimata.
Nurpriatna, A., Rustandi, N., & Ridwan, W. (2021). Penerapan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme dalam Pemebelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Penelitian di Madrasah Aliyah Muslimin Jaya Cimenteng Sukabumi). Rayah Al-Islam: Jurnal Ilmu Islam, 5(1), 450–466.
OK, A. H., Nahar, S., & Feri, E. C. (2022). Pemikiran Pendidikan Islam Prof. Dja’far Siddik. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).
Pradiptha, I. D. A. G. F., Suryanto, Y., Suryani, L., Eldawati, Ifadah, E., Rasmita, D., Syamsiah, N., Hamdanesti, R., & Nurjanah, U. (2023). Buku Ajar: Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis (Cetakan I). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rahman, H., & Sudirman. (2024). From Bayt Al-Hikmah to Algebra: The Intellectual Legacy of the Islamic Golden Age. Journal of Islamic Thought and Philosophy (JITP), 3(2), 170–186.
Retnosari, T. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas V MI Riadhul Ulum.
Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan I). Zahir Publishing.
Samin. (2023). Berpikir Kritis dengan Game Edukasi (Cetakan I). CV. Mega Press Nusantara.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik, dan Efikasi Diri) (Cetakan I). CV. Adanu Abimata.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfa, R. (2022). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 2853, 39–54.
Wibowo, H. S. (2023). Ilmuwan Muslim: Kontribusi Berharga Mereka untuk Peradaban Dunia. Tiram Media.
Diterbitkan
2024-12-31
Bentuk Sitasi
Sitorus, Muhammad Rum, Sonya Elsa Triyana Pohan, and Ismail Ismail. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 31, 2024): 572-582. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2745.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)