Penerapan Model Air (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam untuk Meningkatkan Aqidah Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Malang

Authors

  • Jazilatun Nawali Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sulalah Universitas Islam Negeri Malang, Jawa Timur
  • Abd. Gafur Universitas Islam Negeri Malang, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2861

Keywords:

Penerapan, model air, aqidatul awam, peningkatan aqidah

Abstract

Penerapan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) untuk meningkatkan aqidah siswa melalui pembelajaran kitab Aqidatul Awam di MI Al-Fattah Malang adalah sumber penting yang mengajarkan ajaran tauhid, yang mencakup pengenalan kepada Allah sebagai pencipta dan sifat-sifat-Nya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif di mana peneliti berperan sebagai instrument pertama. Pengumpulan data dilakukan melaluki observasi dan wawancara, serta analisis data bersifat induktif untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dilapangan. Peneliti juga menerapkan triangulasi untuk memastikan keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman aqidah siswa. Siswa menunjukkan peningkatan keyakinan terhadap allah SWT, malaikat, dan rasul, serta aspek-aspek penting lainnya dalam aqidah islam melalui model pembelajaran yang melibatkan pendengaran, penalaran logis, dan pengulangan materi secra rutin terbukti efektif dalam memperdalam pemahaman dan hafalan siswa secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat tantangan, penerapan model air dalam pembelajran aqidatul awwam dapat meningkatkan aqidah siswa secara signifikan, didukung oleh metode pengajaran yang tepat dan waktu pembelajaran yang cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Banna, Hasan. 1983. “Aqidah Islam, Terj.” M. Hasan Baidaie, Bandung: Al-Ma’arif.

Daradjat, Zakiyah. n.d. “Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. 1995.” Jakarta: CV Ruhama.

Ghofur, A F M. 2019. “Strategi Pengelolaan Kelas Multikultural.” Malang: UIN Maliki Press.

Helmiati, Haji, and M Ag. 2012. “Model Pembelajaran.” Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Inten, Dinar Nur, Dewi Mulyani, and Helmi Aziz. 2023. Berkisah Qurani Bersama Ibu (Panduan Bercerita Ibu Dan Anak Untuk Mengajarkan Nilai-Nilai Qurani). Indonesia Emas Group.

Latif, Mubarok Zaky, and Dkk Zaky. 2001. “Akidah Islam, Yogyakarta.” UII Press Jogjakarta.

Marfuah. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw .” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26 (2): 148. file:///D:/KULIAH/SKRIPSIAN BISMILLAH/Referensi/ADD MENDELEY/8313-19233-1-PB.pdf.

Nasional, Indonesia Departemen Pendidikan. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

Rauf, Abdul Aziz Abdul, and Abdul Aziz. 2004. “Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah.” Bandung: PT Syaamil Cipta Media.

Sulalah, Sulalah. 2008. “Pengembangan Pola Pembelajaran Agama Berbasis Humanis Di Madrasah.” Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 1 (1).

WAHAB, M.B.I.N.A. 2007. Kitab Tauhid: Kitab Tauhid. Gunawan Tri Atmaja.

Downloads

Published

25-06-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Penerapan Model Air (Auditory, Intellectually, Repetition) Pada Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam Untuk Meningkatkan Aqidah Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Malang”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 2 (June 25, 2025): 78–86. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2861.