Metode Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur`an: Kajian Analitis-Pedagogis atas QS. Al-Nahl/16: 125-128 dan QS. Yusuf/12: 3-4

Authors

  • Achmad Muchammad

Keywords:

metode, pendidikan, al-hikmah, al-mau’idzat al-hasanah, al-mujadalah, kisah

Abstract

Al-Qur`an mempunyai beragam metode dalam menyampaikan pesannya. Dengan metode dan cara tersebut pesan Ilaiah dapat dicerna para pembacanya dengan mudah, antara lain serangkaian aturan yang bermuatan perintah dan larangan, kisah para Nabi dan Rasul beserta perjalanan dakwahnya, demikian juga dengan episode-episode misi Rasulullah Saw sebagai Nabi dan Rasul terakhir, dan yang lainnya.

Al-Qur`an sebagai kitab yang mengandung nilai-nilai kependidikan memang tidak serta merta menyebut cara penyampaiannya dengan sebutan metode. Akan tetapi, isyarat dan nuansa yang kuat dari eksistensi sebuah metode dapat dengan mudah ditangkap polanya, sehingga untuk disebut sebagai suatu metode agaknya sulit untuk dibantah. Inilah setidaknya yang dideteksi penulis saat mengkaji QS. Al-Nahl/16: 125-128 dan QS. Yusuf/12: 3-4 yakni metode al-hikmah, al-mau’idzat al-hasanah, al-mujadalah, dan metode kisah.

Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analitis-pedagogis. Penulis menerapkan metode tafsir tahlili untuk menelaah ayat Al-Qur`an yang akan dibahas, yakni ayat-ayat yang bernuansa kependidikan.

References

Al-Qur`an dan Terjemahnya.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, cetakan ke-III, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Harun, Salman, Tafsir Tarbawi: Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Qur`an, Jakarta: Lentera Hati, 2019.

Hassan, Fuad dan Koetjoroningrat (red), “Beberapa Aspek Motodologi Ilmiah” dalam Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1977.

Ilyas, Yunahar, Kuliah Ulumul Qur`an, Yogyakarta: Itqan, 2015.

Mahyudin, Tafsir Tarbawi: Kajian Ayat-Ayat Al-Qur`an dengan Tafsir Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia, 2018.

Al-Munawwar, Said Agil Husin, Aktualisasi Nilai-nilai Qur`ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Tangerang Selatan: Ciputat Press, 2005.

Munawwir, Ahmad Warson, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Al-Qattan, Manna’ Khalil, Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur`an, terj. Mudzakkir AS, Jakarta: Litera Antar Nusa, 2000.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur`an, volume 6, cetakan VI, Jakarta: Letera Hati, 2006.

Tolchah, Moch. Dinamika Pendidikan Islam Pasca Orde Baru, Yogyakarta: LKiS, 2015.

‘Ulwan, Abdullah Nashih, Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Arif Rahman Hakim, Solo: Insan Kamil, 2024.

Yusuf, Kadar M. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur`an Tentang Pendidikan, Jakarta: Amzah, 2013.

Al-Zuhaili, Wahbah, Tafsir al-Wajiz, Damaskus: Dar al-Fikr, 1431 H.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Metode Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur`an: Kajian Analitis-Pedagogis atas QS. Al-Nahl/16: 125-128 dan QS. Yusuf/12: 3-4. (2024). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 124-140. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2944