Pengaruh Pembelajaran Sentra Sains terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 5–6 Tahun di RA Al Hikmah Ngampungan Bareng Jombang

  • Miftahillah Miftahillah STITNU Al Hikmah Mojokerto
  • Siti Ngaisah STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: : Pembelajaran Sentra Sains, Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini

Abstrak

Anak bagian dambaan orang tua yang kehadiran anak dan perkembangannya sangatlah dinantikan terutama dalam perkembangan fisik motoriknya, baik perkembangan fisik motorik kasar dan motorik halus. Perkembangan adalah perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah). Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran sentra sains terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini usia 5-6 tahun di RA Al Hikmah Ngampungan Bareng Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran sentra sains terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini usia 5-6 tahun di RA Al Hikmah Ngampungan Bareng Jombang. Sampel dalam penelitian ini mengambil aeluruh populasi sebanyak 27 siswa di RA Al Hikmah Ngampungan Bareng Jombang. Kesimpulan dari uji wilcoxon didapatkan dengan nilai Z = -4.542 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0.00, dimana p/sig. < 0.01 yaitu ada perbedaan nilai atau skor perkembangan fisik motorik kasar anak untuk pre-test dan post-test, artinya ada pengaruh yang sangat signifikan Penerapan Pembelajaran Sentra Sains Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Ngampungan Bareng Jombang.

Referensi

Al-Qur’an al-Karim. (2014). Bekasi: Cipta Bagus Segara.
Ahmad bin Al-Husain bin ‘Ali bin Musa Al-Baihaqi, Syu’bu AlImaan. (2003). Riyadh: Maktabah Ar-rusy Wa At-Tauzi’. Cet. I, Juz. 11
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hadi, Sutrisno. (2000). Metodologi Research, , Yogyakarta: Kanisius.
Hurlock, Elizabeth B. (1986). Developmental Psychology. 3rd Ed, New Delhi: McGraw Hill, Inc.
----------------------------, 2010, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (terjemahan dra. Shinto B. Adelar, M.Sc.; Sherly Saragih, S.Psi.). Jakarta: Erlangga.
Mutiah, Dewi. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Rusman, dkk. (2005). Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Slamet Suyanto, 2005, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Hikayat Publishing).
Sujiono, Bambang Dan Yuliani Nurani Sujiono. (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Diterbitkan
2020-01-27
Bentuk Sitasi
Miftahillah, M., & Ngaisah, S. (2020, January 27). Pengaruh Pembelajaran Sentra Sains terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 5–6 Tahun di RA Al Hikmah Ngampungan Bareng Jombang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 65-77. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.619
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)