Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Teknologi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan membahas tentang Manajemen Pendidikan Islam berbasis teknologi. Manajemen Pendidikan Islam yang efektif dan efisien sangat penting dalam memajukan pendidikan Islam. Pada era digital saat ini, teknologi telah memainkan peran yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Penggunaan teknologi dalam manajemen pendidikan Islam dapat memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan pada mengelola proses pembelajaran serta administrasi. Artikel ini akan membahas kerangka teori dan komponen-komponen yang terkait menggunakan manajemen pendidikan Islam berbasis teknologi.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Manajemen pendidikan Islam berbasis teknologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, pengembangan aplikasi edukasi Islami, integrasi teknologi dalam kurikulum, manajemen administrasi berbasis teknologi, dan penerapan pembelajaran jarak jauh, pendidikan Islam dapat menjadi lebih efektif, efisien, dan relevan dengan kebutuhan siswa pada era digital.
Downloads
Referensi
Aksenta, Almasari, Irmawati Irmawati, Achmad Ridwan, Nur Hayati, Sepriano Sepriano, Herlinah Herlinah, Ayupitha Tiara Silalah, et al. LITERASI DIGITAL : Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Al-Qur’an Dan Terjemahan. Bandung : Diponegoro: Departemen Agama RI, 2008.
Drajat, Zakiyah. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, n.d.
Kurniawan, Asep-. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ciledug.†Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (June 29, 2021): 34–57.
Luckyardi, Senny, and L. Rahman. “Application of E-Learning System in The World of Education.†Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan 14, no. 1 (May 23, 2021): 47–52. https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.327.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Ramadhan, Syahrul. “Manajemen Pendidikan Islam Dalam Menjaga Kualitas Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19.†Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9, no. 2 (May 10, 2021): 143–49. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4487.
Sugiyono, Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta, 2019.
Susetiyo, Ari, Bustanul Arifin, and Didik Supriyanto. “Dinamika Peluang Dan Tantangan Kurikukulum Merdeka Pada Sekolah Dasar.†MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 28, 2023): 715–22. https://doi.org/10.36835/modeling.v10i4.2124.
“Teknologi.†In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, November 23, 2023. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Teknologi&oldid=24816833.
“The Journal of Universitas Negeri Surabaya.†Accessed March 30, 2024. https://ejournal.unesa.ac.id.
Vierke, Intan Maria Lewiayu, Rizal Syarief, Idqan Fahmi, and Illah Sailah. “Analisis Struktural Interpretatif Untuk Merancang Transformasi Digital Pendidikan Tinggi Di Indonesia.†Equilibrium: Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (January 5, 2024): 90–101. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13299.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.