Pentingnya Perdamaian dalam Kerukunan Umat Beragama di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Studi Kasus Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara)

  • Wirman Wirman Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Medan
  • M. Agung Hanafi Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Medan
  • Muhammad Arif Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Medan
Kata kunci: Kerukunan umat beragama, Perdamaian, Toleransi, Dialog antar Agama

Abstrak

Kerukunan umat beragama suatu merupakan kebutuhan manusia. Dengan adanya kerukunan antar umat beragama, maka akan terciptanya perdamaian antara pemeluk agama. Untuk menciptakan kerukunan dan toleransi antar umat beragama agar bisa menjadi alat pemersatu bangsa, kemajemukan harus dikelola dengan baik dan benar, maka diperlukan cara yang efektif yaitu dialog antar umat beragama untuk permasalahan yang mengganjal antar masing-masing kelompok umat beragama. Kemudian dalam hal demi menjaga kerukunan, faktor peran nilai agama atau faktor pertukaran sosial yang lebih memiliki peran dalam kerukunan umat beragama khususnya dalam masyarakat di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

MoeleongLexi J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)
Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, (Jakarta Balai Pustaka, 1989)
Dr. H. Arifinsyah,M.Ag, Buku Panduan FKUB Sumatera Utara, (Medan: La Tansa Press, 2014)
Dr. H. Arifinsyah, M.Ag, FKUB dan Resolusi Konflik (Medan: Perdana Publishing, 2013)
Drs. H. Abdul Fatah. Rohadi, M.Ag, Sosiologi Agama (Ciputat: Kencana Mas,2004)
Kumpulan Laporan Penelitian, Relasi Sosial Umat Beragama Di Sumatera Utara (Medan: Iain Press, 2013).
Khalikin, Ahsanul dan Zirwansyah, Pandangan Pemuka Agama tentang Ekslusifisme Beragama di Indonesia (Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan,2013
Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT), Pemetaan Kerukunan Kehidupan Beragama Di Berbagai Daerah Di Indonesia (Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2009)
Prof. Dr. Amroeni Drajat M.A dkk, Profil Kehidupan Beragama di Daerah Mayoritas dan Minoritas Pemeluk Agama Islam dan Kristen Di Sumatera Utara (Medan: Lembaga Penelitian IAIN SU,2012)
Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution M.Ag dkk, Ushuluddin: Jurnal Pemikiran Islam, Kewahyuan, Politik dan Hubungan Antar Agama (Medan,2009)
Hanaviah, Julsyaf. “Komunikasi Lintas Tokoh Agama dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama (Studi pada Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Pesawaran)”. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.
Diterbitkan
2023-12-30
Bentuk Sitasi
Wirman, Wirman, M. Hanafi, and Muhammad Arif. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 30, 2023): 74-85. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1491.
Section
Articles