Pengaruh Model Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

  • Dwi Kafiliani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ari Suryawan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Putri Meinita Triana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Shafiyya Salsabila Universitas Muhammadiyah Magelang
Kata kunci: Model POE (Predict, Observer, Explain), Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari peningkatan belajar IPA menggunakan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dengan subjek penelitian 1 orang pendidik dan 15 orang peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Al-Muttaqien Sleman, desain penelitian ini menggunakan pre-eksperimen pre-test-post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan anaslis data yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dilaksakan mengalami peningkatan dalam tiap siklusnya dan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dengan berbantuan SPSS 20 dengan nilai hipotesis uji t-tes nilai t-hitung (-8.318)> t-tabel(0,514) dan nilai probabilitas (0,000)< 0,05, dari hasil tersebut menunjukkan bahwasanya model POE (Predict, Observe, Explain) memiliki dampak yang signifikan dalam meingkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Muttaqien Sleman.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Amal, A., Basam, F., & Rizal, R. (2019). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd Pertiwi Makasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(1), 34–40. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i1.2056
Fahrinnisak. (2018). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN Pangarangan III Sumenep. Alpen:Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 10–25.
Humairoh, P., Iuthfi, A., & Daulay, M. I. (2022). Pengaruh Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1337–1343. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4150
Jannah, N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran POE ( Predict , Observe , Explain ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI, 4(1), 133–150.
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–91.
Nuraini, N. (2014). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, and Explain) Disertai Roundhouse Diagram untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Menjelaskan Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Bio-Edukasi, 7(1).
Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M).
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rosidah, A., & Kurino, Y. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 150–156. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1917
Susanto, A. (2013a). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2013b). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Utama, E. G., Lasmawan, I. W., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SD Kelas V ditinjau dari Keterampilan Metakognitif. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 46. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1364
Yusrizal, Y. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Predict-Observe-Explain (Poe) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipa Sd Kelas Iv Sdn 006 Sencano Jaya. Jurnal Pendidikan, 11(2), 83. https://doi.org/10.31258/jp.11.2.83-91
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Kafiliani, Dwi, Ari Suryawan, Putri Triana, and Shafiyya Salsabila. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 538-549. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2108.
Section
Articles