Keefektifan Model TGT Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas IV SD N 04 Tambakrejo

Authors

  • Rizka Yuni Yusrina Universitas PGRI Semarang
  • Ryky Mandar Sary Universitas PGRI Semarang
  • Suyitno Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.69896/brt4rd85

Keywords:

Team Games Tournament , media puzzle, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Matematika, sehingga peserta didik menjadi pasif dan kurang termotivasi dalam belajar. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang minim dalam proses belajar, yang menyebabkan pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini, mengidentifikasi efektif atau tidaknya model Team Games Tournament  (TGT) berbantu media puzzle terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas IV SD N 04 Tambakrejo. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 38. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara : (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi, dan (4) tes. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian, yaitu model Team Games Tournament  berbantu media puzzle efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas IV ditandai dengan perolehan hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik peserta didik > 75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, N. F., Andong, A., Matematika, P., Buru, U. I., Matematika, P., & Buru, U. I. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan Students ’ Difficulties in Understanding the Concept of Fractions. 2(1), 1–12.

Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2021). Analisis Penerapan Model TGT ( Teams , Games And Tournament ) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. 1(1), 47–56.

Amrillah, D., Fatmasari, R., & Santoso, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(1), 66–81. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2195

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA, Jakarta.

Astuti, A. D., & Appriyana, Y. (2025). Analisis Minat Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 39 Lubuk Linggau. 3, 172–179.

Bastian, A., & Reswita. (2022). MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN. CV. Adanu Abimata.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center.

Fadilah, A., & Kanya, N. A. (2023). Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. 1(2).

Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi%0AKUrikulum Merdeka

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(3), 61–68.

Lestari, M., & Sary, R. M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTU JAM SUDUT DI SEKOLAH DASAR. 10(April), 195–211.

Mayaratih, Saputro, B. A., & Sary, R. M. (2022). ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. 2(1), 52–64.

Noviana, E., & Alpusari, M. (2018). APPLICATION OF LEARNING PROBLEM LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING RESULTS STUDENTS CLASS IV SD NEGRI 001 SINABOI DISTRICT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGRI 001 KECAMATAN SINABOI. 1–12.

Noviati, P. R. (2017). Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang Application of Puzzle Media in Improving Learning Outcomes of IPS in Students Class III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten S. 1(1), 47–57.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Prihatmojo, A., & Rohmani. (2020). Buku Ajar Pengembangan Model Pembelajaran “Who Am I.” Diterbitkan oleh Universitas Muhammdiyah Kotabumi

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. November, 289–302.

Ramadhani, R., & Izzati, N. (2023). KEEFEKTIFAN DAN KEPRAKTISAN MODUL DASAR PEMROGRAMAN. c.

Saryanti, E. (2022). Penggunaan media puzzle pecahan biasa pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan. Jurnal Pendidikan Dasar.

Seran, E. B., & Ladyawati, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. 8, 115–120.

Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Silaban, W. (2024). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Simeru, A. (2023). Model-model Pembelajaran. Penerbit Lakeisha.

Suardin, Hamiyani, & Fazila, N. (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada siswa sekolah dasar. Journal Of Social Science Research, 3(4), 4437–4446.

Sukmawati, H., Rohana, S., Hasnawati, & Handika, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. 7(1).

Susanna. (2017). PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI MINYAK BUMI SISWA KELAS XI MAN 4 ACEH BESAR. 5(2), 93–105.

Sutianah, D. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=b0BgEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=belajar+dan+pembelajaran&ots=B7AYk7Yqdm&sig=mpr6J7mj2kkJmp3p9khAURBe7Qg&redir_esc=y#v=onepage&q=belajar dan pembelajaran&f=false

Syafaruddin. (2016). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SETTING KOOPERATIF. Suara Intelektual Gaya Matematika, 8, 35–49.

Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. 2(1), 1–9.

Utomo, D. P. (2020). MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN. Penerbit BILDUNG.

Verina, H. T., Mustikarani, N., Maghfiroh, S. M. N., Segara, N. B., & Wuliono. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tgt Bantuan Media Bamboozle Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(0), 1–23.

Zanuarifah, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENAKSIRAN DAN PEMBULATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI MI DARUL HIDAYAH SUDIMORO. 3(4), 239–248.

Downloads

Published

20-06-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Keefektifan Model TGT Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas IV SD N 04 Tambakrejo”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 2 (June 20, 2025): 117–130. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2851.