Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru

  • Rizky Permadani Universitas Pahlawan
  • Yanti Yandri Kusuma Universitas Pahlawan
  • Zulfah Zulfah Universitas Pahlawan
  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan
  • Vitri Anggraini Hardi Universitas Pahlawan
Kata kunci: Keaktifan belajar, Media Puzzle, IPS

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil keaktifan belajar siswa kelas III tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru dengan media Puzzle. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 192 Pekanbaru. Subjek yang digunakan sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis karangan deskripsi, lembar observasi guru dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan media Puzzle. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Data awal pratindakan ketuntasan belajar 31%, pada siklus I meningkat menjadi 38%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 44% kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 72%, dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan metode Puzzle meningkatkan Keaktifan belajar Siswa Kelas III dapat SDN 192 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arikunto, S. (2.012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Dkk,
S. A. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadhilah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Primamedia Group.
Fadillah. (2017). Buku Ajar Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana
Fauziddin, M. (2015). Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita, Dan Menyanyi Secara Islami. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Helmawati, (2016). Pendidik Sebagai Model. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Halim. ( 2018 ). Skripsi. Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Berbasis Metode Montessori Kelas IV Sekolah Dasar.
Homsoh, R. (2016). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. 1–11.
Kadir, H. A. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Kristiana, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Bioma, 6(2), 78–92.
Kurniadewi, N. (2019). Penggunaan Media Roda Putar Puzzle Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal TEKNODIK, 23(1), 79–89.
Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.
Kurniawan, Agus. (2012). Aplikasi Ipad Untuk Anak-Anak. Jakarta: PT Elex Media Computindo
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mujiyono, D. d. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mursyid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PIAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Noviati, P. R. (2017). Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 47–57.
Neolaka, Arnos. dkk. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup.Depok: Kencana
Paizaluddin dan Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Alfabeta,CV
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.
Sudaryono, G. M. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syofrianisda, Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu Copyright@ Parama Ilmu
Syafril dan zelhendri zen. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana
Susilana, Rudi. dkk. (2015). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaat, dan Penelitian). Bandung:CV Wacana Prima
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Utomo, N. B. (2015). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Mengikuti Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Melalui Media “Puzzle.” PSIKOPEDAGOGIA, 4(1), 73–82.
Umisalammah. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: CV Budi Utama
Wiriaatmadja, R. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Diterbitkan
2023-12-28
Bentuk Sitasi
Permadani, Rizky, Yanti Kusuma, Zulfah Zulfah, Melvi Alim, and Vitri Hardi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 28, 2023): 325-335. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1872.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)