Strategi Penerapan Disiplin dan Etos Kerja Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dalam Membentuk Generasi Z Islami
Abstrak
Penelitian ini dilatar-belakangi bahwa nilai-nilai agama yang dahulu kental ditanamkan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sudah mulai tergerus arus globalisasi. Di tengah masalah krisis moral bangsa yang hari ini terjadi, dan ketika pendidikan umum sudah tidak lagi memadai untuk dapat memenuhi tuntutan perbaikan karakter dan moral bangsa, pendidikan agama Islam yang justru seharusnya menjadi ujung tombak dalam pembentukan karakter Generasi Z menuju generasi Islami pada masa depan. Kesadaran pemangku kebijakan dan pengelola Madrasah Aliyah (kepala sekolah, guru dan karyawan) untuk membentuk karakter Generasi Z menuju generasi Islam modern menjadi sangat penting. Generasi Islam modern menurut pandangan peneliti adalah generasi yang menguasai teknologi informasi dan agama sekaligus. Ketika ilmu pengetahuan berperan dalam pengembangan teknologi secara empiris (hard skill) Generasi Z, maka ilmu agama berperan dalam pengembangan kualitas kemanusiaan (soft skill) Generasi Z. Jika hal ini terjadi, maka cita-cita untuk mencetak Generasi Z yang Islami sudah tercapai. Generasi Z yang mahir dalam teknologi sekaligus Generasi Z yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sementara tugas Madrasah Aliyah sebagai ujung tombak pembentukan karakter Generasi Z Islami telah sukses dilaksanakan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pendekatan penelitian mengunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui tiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kreadibilitas. Pelaksanaan kreadibilitas data mengunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan mengunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa strategi penerapan disiplin dan etos kerja siswa dalam membentuk generasi z yang Islami di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Paser yaitu melalui penerapan tata tertib dan percontohan guru, sedangkan untuk etos kerja siswa adalah memiliki orientasi kemasa depan, sanggup kerja keras serta menghargai waktu, bertanggung jawab, hemat dan sederhana, tekun dan ulet dan berkompetensi secara jujur dan sehat.
Downloads
Referensi
Alamsyah, Pembinaan Pendidikan Islam, Jakarta: Dirjen BinbagaIslam Depag
Arikunto, Suharsimi, manajemen pengajaran secara manusiawi, Jakarta PT Rineka cipta 1990
............................., Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Grafindo Persada, 1991
Ayu Prasetyoningsih, Sri, Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Dengan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014, Tesis, Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2014
A. Steenbrink, Karel, Pesantren, Madrasah, sekolah, Jakarta : LP3ES, 1991
Depag RI, Desain Pengembangan Madrasah, Jakarta: Dirjen Binbaga, 2004
Depag RI, Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional, Paradigma Baru, Jakarta, DirjenAgama Islam, 2005
Depag, RI., Sejarah Madrasah : Pertumbuhan, Dinamika, dan Perkembangannya di Indonesia, Jakarta, Dirjen Agama Islam, 2004
Diyanto, Hendi, Hukuman Dan Disiplin (Analisis Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Pemikiran Filsafat Michel Foucault), Skripsi, Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo, 2009
D. Gunarsa, Y. Singgih, Psikologi untuk Pembimbing, Jakarta†Gunung Mulia,2014
Fadjar, Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan, 1998
Foucault, Michel, Disiplin Tubuh: Bengkel Individu Modern, Penyadur: Petrus Sunu Hardiyanta, Yogyakarta: LKiS, 1997
........................., Discipline & Punish The Birth of the prison, translated from the French: Alan Sheridan, New York: Vintage Books, 1979
Genta Reza, Prananda, Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, Tesis, Lampung: Universitas Lampung, 2017
Giddens, Anthony, Modernity and Self-Identity: Self and Society in the Late Modern Age, Cambridge: Polity Press,1991
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Jakarta: UGM Press, 1993
Huberman, Milles, Michael and Mattew. B, Analisis Data Kualitatif, (terj), Jakarta: UI Press, 1984
http://parent.binus.ac.id/wp-content/uploads/2018/11/Generasi-X-Y-Z.pdf
https://www.biznetnetworks.com/assets/doc/inspire-magazine/biznet-inspire-jul2013.pdf
Ibrahim, Anwar, The Asian Renaissance, Singapore: Times Book Internationals,1996
Inkeles, Alex and David H Smith, Becoming Modern Cambridge, Harvard University Press,1974
Kaliri, Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri Di Kabupaten Pemalang, Tesis, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2008
Karta Sasmita, Ginandjar, Tinjauan Tentang Teknotogi, Kebudayaan, dan Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional, Disajikan pada seminar Nasional tentang Teknologi dan Budaya Dalam Rangka Memperingati 50 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik FakultasTeknik Universitas Gajah Mada, Yogyakafta, 16 Maret 1996.
Kayyasah Amaliyyah, Al Fisqy, Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Yayasan Swadhipa Natar TP.2015/2016, Tesis, Lampung: Universitas Lampung, 2017
Mak’mur Asmani, Jamal, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2011
Maksum, Madrasah Sejarah & Perkembangannya, Jakarta : Logos Wacana Ilmu,1999
Martono, Nanang, Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman dan Seksualitas, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014
Moleong, Lexy, Metode penelitian Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2004
Moleong, J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Rosdakarya, 2007
Muhajir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000
Mukhtar, Maksum, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001
Mustari, Muhammad, Nilai-nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo 2014
Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004
Nawawi, Haidar, Perundang-undangan Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983
Nizar, Samsul (Editor), Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana, 2008
Rachman Shaleh, Abdul, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: RajaGrafindo, 2005
Riduan, Metode dan Teknik Penyusunan Tesis, Bandung: Alfabeta, 2004
Rifa'i, Muhammad, sosiologi pendidikan, Yogyakarta: arus media 2011
Sambira, Martha, Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Penghubung Buton, Tesis, Kendari: Universitas Halu Oleo, 2017
Saridjo, Marwan, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam, Jakarta: CV. Amisco, 1996
Sigit, Suhardi, Pengantar Metodologi Penelitian Sosial-Bisnis- Manajemen, Bandung: Lukman Offset, 1999
Stillman, Divid dan Jonah Stillman, Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru Yang Akan Mengubah Dunia Kerja, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018
Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Tasmara, Tono, Membudayakan Etos Kerja Islami, Yogyakarta: Dana Bhakti Primayasa 2019
Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintah Daerah, Jakarta: CV.Novindo Pustaka Mandiri, 2001
Zubaedi, Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktek, Jakarta: Pustaka Kencana Prenada Media Group, 2013
Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1997
Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.