Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas ll pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 32 Medan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas ll Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 32 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini merukapan penelitian Pre-Eksperimen design dengan menggunakan One Grup Pretest dan Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Muhammadiyah dengan sampel kelas II yang didapat dengan menggunakan teknik sample random sampling berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap deskripsi data, uji normalitas dan uji hipotesisi. Hasil uji reliabilitas butir instrument di peroleh data pretest sebesar 0,939 dan posttest 0,788. Dari analisis data di peroleh uji Shapiro wilk dari data pretest 0,171 > 0,05 dan data posttest 0,139 > 0,05. hasil uji T test di peroleh nilai Thitung>Ttabel yaitu 8,600 > 2.068 dengan nilai sig 2 tailed yang di peroleh yaitu 0,001 < 0,025 sehingga di peroleh kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak atau dapat di artikan media flashcard berpengaruh terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 32 Medan
Downloads
Referensi
Andini, Alvien Nafiul. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan mengenal Huruf Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
Angreany, F & Saud, S. (2017), Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa asing Dan Sastra. Hal: 138-214.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Putra. Budyartati, Sri. 2014. Problematika Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Depublish.
Fahrurrozi. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 10 (2), 111-117.
Febrianto, Kukuh., Via Yustitia., Apri Irianto. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar. Jurnal FKIP Unipa Surabaya. Hal: 92- 98.
Hardian, Yuni. (2019). Proses Pembelajaran Kemampuan Membaca Lanjutan Siswa Sekolah Dasar Studi Kasus Siswa Kelas IV SD Brawijaya Smart School Malang). Jurnal VOK@SINDA. Hal 15-27.
Hidayah, Rifa. (2012). Profil Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidayah (MI) Ditinjau dari Jenis Sekolah dan Jenis Kelamin. Jurnal Profil Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 SD dan MI. Vol. 04, No. 01: 62.
Kurniawan, Agung widhi & Zahra Puspitaningtiyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pendiva Buku.
Lestari, Endang Dwi., Lika Apreasta., Maldin Ahmad Burhan. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas I SD Negeri 01 Situng Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Education And Counsling, Hal: 112- 123.
Munthe, Ashiong P & Jesica Vitasari Sitanjak. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pembelajaran Membaca Permulaan. JDP, 11 (3), 210-228.
Muryanti, Dwi. (2019). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik kelas I SD MIN 8 Bandar Lampung. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.
Nurlatifah, Laila. & Agni Muftianti. (2021). Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas I Dengan Menggunakan Metode EJA. Jurnal Of Elementary Education, 4(1), 60-64.
Rahman, Budi & Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.
Sakdah, Siti Maya. (2019). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SDN 104231 kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.