Mendidik Generasi melalui Pemilihan Pasangan: Kriteria Suami yang Ideal dalam Perspektif Islam
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria suami ideal dalam perspektif Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka, penelitian ini mengumpulkan data melalui identifikasi literatur, dokumentasi, dan koding data. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan pasangan yang sesuai dengan kriteria suami ideal dalam perspektif Islam sangat penting untuk menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, yang akan mendukung pendidikan dan perkembangan generasi mendatang. Meskipun tantangan dalam menerapkan kriteria ini ada, terutama terkait dengan perbedaan norma sosial dan ekspektasi yang berkembang, peran orang tua dan masyarakat tetap sangat vital dalam mendukung proses tersebut. Dengan pemahaman yang mendalam, pendekatan terbuka, dan pengertian, pemilihan pasangan yang tepat dapat menghasilkan keluarga yang stabil, harmonis, dan menjadi fondasi bagi pendidikan generasi yang berkualitas.
Downloads
Referensi
Agustina, Y. (2018). Fungsi Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Mengatasi Perceraian di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Skripsi, UIN Raden Intan.
Anwar, W. A., Sururie, R. W., Fautanu, I., Wahyu, A. R. M., & Yaekaji, A. (2024). A Perkawinan Dini di Era Modern: Analisis Relevansi, Tantangan Penetapan dan Implementasi Batas Minimal Usia Nikah. DIKTUM, 45–69.
Asmawi, N. I., & Bakry, M. (2020). Kebebasan Perempuan Dalam Memilih Calon Suami; Studi Perbandingan Antara Mazhab Syafi’i Dan Hanafi. Mazahibuna: Jurnal Perbandingan Mazhab, 212–229.
Azisah, S., Mustari, A., Masse, A., Kara, S. A., Babcock, T., Dzuhayatin, R., Bertulfo, L., Hasyim, S., & Jaharuddin, W. (2016). Kontekstualisasi Gender, Islam dan Budaya. Makassar: Seri Kemitraan Universitas Masyrakat.
Dunuraeni, M. A. E., Junaedi, D., & Amin, F. (2021). Pemahaman dan Pembentukan Keluarga Sakinah di Kalangan Keluarga Jama’ah Tabligh. AT-TA’DIL: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 2(1), 49–73.
Fadilah, D. (2021). Tinjauan dampak pernikahan dini dari berbagai aspek. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 14(2), 88–94.
Ginanjar, M. H. (2017). Keseimbangan peran orang tua dalam pembentukan karakter anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 230–242.
Gusti, H. K. (2024). Perspektif Hukum Keluarga Islam tentang Dinamika Peran Orang Tua dalam Pemilihan Pasangan Pernikahan Menurut Adat Jawa dan Implikasinya terhadap Perlindungan Hak-Hak Anak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(5), 3256–3268.
Gustiawati, S., & Lestari, N. (2018). Aktualisasi konsep Kafa’ah dalam membangun keharmonisan rumah tangga. Mizan: Journal of Islamic Law, 4(1).
Hadi, W. (2019). Peran Ibu Single Parent dalam Membentuk Kepribadian Anak; Kasus dan Solusi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 301–320.
Harjianto, H., & Jannah, R. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Perceraian Sebagai Dasar Konsep Pendidikan Pranikah di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(1), 35–41.
Hidayat, A., Evendi, W., & Aliyah, N. D. (2024). Dispensasi Kawin dengan Alasan Sangat Mendesak di Mojokerto: Analisis Yuridis atas Perma No. 5 Tahun 2019. Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-Undangan dan Ekonomi Islam, 16(2), 483–498.
Huda, M. C., & S HI, M. H. (2021). Metode Penelitian Hukum (Pendekatan Yuridis Sosiologis). The Mahfud Ridwan Institute.
Husna, C. A. (2019). Tantangan dan konsep keluarga sakinah mawaddah wa rahmah di era millenial ditinjau dari perspektif hukum keluarga (studi kasus Provinsi Aceh). Ius Civile: Refleksi Penegakan Hukum dan Keadilan, 3(2).
I’tikafia, E., & others. (2023). Peran Muslimah dalam Dakwah Keluarga di Lingkungan Yaummi Fatimah Pati. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(2), 80–96.
Karyasa, T. B., Asry, L., Arif, M., Solong, N. P., Prayogi, A., & others. (2023). Pemikiran Modern Islam. Global Eksekutif Teknologi.
Khamim, N. (2019). Penerapan pendidikan agama islam pada keluarga millenial. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 15(2), 132–142.
Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan, W. (2021). Pendidikan keluarga sebagai basis pendidikan anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 92–106.
Mardhiah, A., & Sulaiman, S. (2022). Pembentukan Perilaku Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Sejak Dini Melalui Keluarga Yang Berkualitas. Serambi Tarbawi, 10(2), 153–164.
Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Astuti, A. W. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914.
Najwah, N., & others. (2018). Kriteria memilih pasangan hidup (Kajian hermeneutika hadis). Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis, 17(1), 95–120.
Napitupulu, B., Rahayu, I., & Sari, A. N. A. (2024). KONSTRUKSI MAKNA DAN PERILAKU KOMUNIKASI ANAK JALANAN (Studi Interakasi Simbolik Anak Jalanan pada Perilaku Komunikasi di Kota Palangkaraya). Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1).
Ningrat, M. A. K. (2023). Urgensi Buku Nikah Orang Tua Sebagai Syarat Administrasi Pernikahan Anak Perempuan Pertama Pada Kantor Urusan Agama Kabupaten Lampung Utara. JAWI, 5(2), 101–128.
Nurlita, W. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DEGRADASI MORAL PADA ANAK DENGAN POLA PENGASUHAN ORANGTUA TUNGGAL. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 16–30.
Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272–303.
Sholihin, P. (2021). Kafaah Dalam Perkawinan Perspektif Empat Mazhab. SEMB-J: Sharia Economic and Management Business Journal, 2(1), 1–13.
Suryady, R. (2023). Peran Keteladanan Orang Tua Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 6-12 Tahun Di Gereja Bethel Tabgha. Jurnal Tabgha, 4(1), 22–35.
Tanjung, N. A. (2024). Membentuk Karakter Dan Mempengaruhi Psikologis Pada Anak Akibat Perceraian Orang Tua. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 3(2), 31–40.
Wahyuni, V. D., & Rasyid, M. (2022). Nilai Pendidikan dari Hadist Riwayat Bukhari tentang Memilih Pasangan untuk Mencetak Generasi Unggul. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 51–56.
Yenita, Z., & others. (2024). Analisis Keterlibatan Ayah Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di Gampong Keude Aceh Timur. Analisis Keterlibatan Ayah Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di Gampong Keude Aceh Timur, 5(2), 468–479.
Zulfikar, E., & Abidin, A. Z. (2019). Penafsiran Tekstual Terhadap Ayat-Ayat Gender: Telaah Penafsiran Wahbah az-Zuhaili Dalam Kitab Tafsir al-Munir. Al-Quds: Jurnal Studi Al-Quran dan Hadis, 3(2), 136.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.