Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Gerung Lombok Barat

  • Lalu Masaji Institut Agama Islam Nurul Hakim, Lombok Barat, NTB
Kata kunci: Media Gambar, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Pembelajaran bahasa Arab pada level pemula sangat penting untuk diperhatikan, penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab memudahkan siswa untuk memahami teks bahasa Arab. Media gambar dapat menghubungkan antara visual dengan otak, memvisualisasikan kata dengan gambar menguatkan peserta didik dalam mengingat dan memahami teks sederhana dalam bahasa Arab. Penelitian ini menganalisis penggunaan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Arab pada SIswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Gerung Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, skala likert, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data dengan tahapan-tahapan analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar dianggap sebagai media pembelajaran yang efektif untuk membantu meningkatkan penguasaan mufradat dengan lebih cepat dan menguatkan daya ingat hafalan mufradat. Ini berdasarkan hasil pengukuran penguasaan mufradat siswa melalui google form rata-rata siswa sebelum menggunakan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab mendapatkan nilai yang kurang atau dibawah standarisasi kelulusan, sedangkan setelah diterapkanya media gambar semua siswa mendapatkan nilai diatas standarisasi kelulusan walaupun tingkat nilai yang didapatkan berbeda-beda akan tetapi sudah memenuhi syarat kelulusan dan tercapainya tujuan pembelajaran. Adapun Kelebihan media gambar yaitu praktis, harga relatif murah dan mudah dibawa kemana-mana sedangkan kekurangannya yaitu gambar terlalu kecil, perlu arahan dari guru untuk menerapkan dan dapat membosankan jika gambar tidak unik dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Refika Aditama.
Kristanto, Andi Kristanto. “Media Pembelajaran”, (Surabaya, Bintang Surabaya Anggota IKAPI.
Kostarika, Firda. 2016. “Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Penguasaan Mufradat”, IAIN Purwokerto.
Mutmainnah, Dewi, Muhammad Hasyim, Hamzani. 2021. “Implementasi Media Visual (Gambar) Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata (المفردات) Bahasa Arab”, vol.2, no. 4.
Pagarra, Hamzah Pagarra. Dkk. 2022. Media Pembelajaran, Makassar: Badan Penerbit UNM.
Purba, Nadila Adha Purba, khoirul Jamil. 2023. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Pembelajaran Bahasa Arab”, Journal Of Education Research.
Saridewi, Indah Puji Saridewi. 2022. Implementasi Media Gambar Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab, UIN, Purwokerto.
Sapriyah. 2019. “ Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar”, Jurnal Untirta, Volume 2. Nomer 1.
Usman, Moh. Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Unsi, Baiq Tuhfatul. 2014. “Media Gambar dalam Pembelajaran Kosa kata Bahasa Arab”, dalam Jurnal Tafaqquh, vol. 2, Tahun.
Wulandari, Amelia Putri dkk. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Mengajar”, Jurnal on Education, Volume 5. Nomer 2. Januari.
Diterbitkan
2024-12-12
Bentuk Sitasi
Masaji, Lalu. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 12, 2024): 144-153. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2632.
Section
Articles