Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi Islam Berbasis Pesantren (Kebijakan Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Islam dalam Naungan Pesantren di Kabupaten Jombang)

  • M Mujib Utsmani STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Mutu, Perguruan Tinggi Islam, Berbasis Pesantren

Abstrak

Peningkatan mutu perguruan tinggi merupakan keniscayaan untuk menghadapi persaingan dan meraih kepercayaan masyarakat. Eksistensi Perguruan Tinggi Islam (PTI) di Indonesia sangat urgen, terutama sebagai pilar pendidikan Islam secara keseluruhan. PTI memiliki misi sebagai center of excellence untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan.

Penelitian ini bertujuan guna: Menganalisis kebijakan pengembangan mutu PTI berbasis pesantren di Kabupaten Jombang. Mendeskripsikan implementasi manajemen pengembangan mutu PTI berbasis pesantren di Kabupaten Jombang. Mengidentifikasi model evaluasi manajemen pengembangan mutu PTI berbasis pesantren di Kabupaten Jombang.

Penelitian ini memetakan kerangka konseptual strategi pengembangan mutu PTI sebagai salah satu model peningkatan kualitas. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis untuk memahami fenomena secara mendalam dan menyeluruh. Pilihan pendekatan fenomenologis didasarkan pada dua alasan: pertama, fenomena di lokasi penelitian bersifat holistik dan tidak terfragmentasi; kedua, penelitian ini bersifat naturalistik, deskriptif, dan induktif, bertujuan menemukan makna di balik fenomena yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pengembangan mutu PTI berbasis pesantren di Kabupaten Jombang meliputi perencanaan program, pelaksanaan, evaluasi, serta tindak lanjut, yang berfokus pada pembinaan serta peningkatan mutu dosen serta tenaga kependidikan. Implementasi manajemen pengembangan mutu telah memenuhi beberapa kriteria pengembangan sumber daya manusia berbasis pesantren, dengan memperhatikan kesesuaian antara kebutuhan dosen dan staf akademik serta dinamika dunia pendidikan masa depan. Model evaluasi yang diterapkan lebih mengutamakan proses implementasi. Pendekatan evaluasi meliputi konteks, input, proses, dan hasil kegiatan yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan nilai-nilai kepesantrenan.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

A. Michael Hubberman and Matthew B. Miles, (1994) Data Manajement and Analysis Methods, dalam Norman K. Denzim dan Yvona S. Lincoln (Edit.), Handbook of Qualitative and Quantitative Research, London: Sage Publication
Amidjaya D.A.T., (1981), Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Normalisasi Kehidupan Kampus Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Bahaudin, Taufik (2003). Brainware Management: Generasi Kelima Manajemen Manusia, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Barthos, H. Basir., 1992, Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia Proses Pendirian Penyelenggaraan & Ujian, Bumi Aksara, Jakarta.
Bass, M. B. dan Stockdill, M. R. (1990). Handbook a/Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications, 3rd Edition. New York: The Free Press.
Bush, Tony (2006). Theories of Educational Leadership and Management, (3rdedition), London: SAGE Publication Ltd.Company.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti), (2003). Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta : Dikti
Emzir, (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif, Ananlisis Data, Jakarta:Rajawali Press
Grosjean, Janet & Grosjean. G. 2000. The use of Performance models in higher education; A cooperative international review. Education Policy Analysis Archives.
Hanafiah, M Yusuf , dkk, Pengelolaan Mutu Total Pendidikan Tinggi, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri, 1994
Idrus, N. 2000. Quality Assurance handbook. Jakarta: Directorate General of Higher Education.
John W. Creswell, (2010) Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lazar, Vascanu. 2004. Prepare in Indicator for Institutional and Programme, Accreditation in Higher Education/territory Education. Bucharest: CEPES UNESCO.
Lexy J. Moleong,(2002) Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya
M. Arifin, (1991) Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara
Montana, 1.P and Charnov, H.B (2000). Management, (3rd edition), New York: Barron's Educational series.
Muhaimin, Manajemen Penjamin Mutu, UIN Malang, 2005
Norman K Denzin dan Yvonna S Lincoln, (2009). Handbook of, Qualitative Research, Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Partowidagdo, W. (2004). Mengenal Pembangunan dan Anaisis Kebijakan, Bandung: Program Pascasarjana Studi Pembangunan ITB.
Robbins, P.S. (2003). Perilaku Organisasi (terjemahan), Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Robert C. Bognan & Sari Knopp Biklen, (1998) Qualitative Research in Education: an Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon
Sallis, Edward, Total Quality Management In Education, (Manajemen Mutu Pendidikan) Yogyakarta. 2008
S. Nasution, (1996) Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung: Tarsito
Sevilla, C.G. et al. (1993). Research Methods for Business: Skill Building Approach, (Terjemahan) Jakarta: Badan Penerbit Universitas Indonesia
Soemantri, B. Satryo. 2004. The Indonesian Higher Education 2003-2010. Jakarta : Directorate General Of Higher Education.
Steve, Garlick. 2004. Benchmarking the University: Learning about improvement, report for the Department of Education Science and Training. Australian Government: Department of Education, Science and Training.
Stoner, C. (1983). Planning in Small Manufacturing Finns: A Survey, Journal of Small Business Management, Vol. 21, No.1, pp 34-41
Wahjoetomo, (1995), Manajemen Perguruan Tinggi Pada Era Global (Suatu Gagasan Menuju Effisiensi), PT. Gramedia Widiasrna Indonesia .akarta dan Unmer Malang.
Wahjoetomo, (2000) Perguruan Tinggi Pesantren: Pendidikan Alternatif Masa Depan Cet. II; Jakarta: Gema Insani Press
Weihrich, H and Koontz, H. (1993). Management A Global Perspective, (10 th edition), New York: McGrow-Hill International Editions.
Win, Broadley, A. & Cameron, Kim, S. 1998. Organizational quality an examination of the Malcolm Baldrige National quality framework, Research in Higher Education volume 39, no. 5/1998.
Yvonna S. Lincoln & Egon G. Guba, (1985) Naturalistic Inquiry, Beverly Hills: SAGE Publications
Zamkhasyari Dhofier, (2002). Tradisi Pesantren Cet. II; Jakarta Mizan.
Diterbitkan
2024-12-26
Bentuk Sitasi
Utsmani, M Mujib. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 26, 2024): 281-294. Accessed February 17, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2669.
Section
Articles