Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar
Abstrak
Melalui studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara dan observasi, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung pendidikan inklusif di SD Negeri Klepu 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang partisipatif dan transformasional berkontribusi pada peningkatan motivasi guru dan keterlibatan siswa. Meskipun terdapat program penghargaan dan kurikulum yang fleksibel, tantangan seperti keterbatasan pelatihan guru dan stigma sosial masih menjadi hambatan dalam implementasi pendidikan inklusif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pendidikan inklusif memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk orang tua, masyarakat, dan pemerintah.
Downloads
Referensi
Bass, B. M. (1990). From Transactional to Transformational Leadership: Learning to Share the Vision. Organizational Dynamics, 18(3), 19-31.
Frenchay Campus, Coldharbour Lane, Bristol BS16 1QU, United Kingdom, England (24.50 British pounds).
Epstein, J. (2018). School, Family, and Community Partnerships, Student Economy Edition: Preparing Educators and Improving Schools. Routledge.
Florian, L. (2014). The Role of Education in Promoting Inclusive Practices. In Inclusive Education: A Global Agenda (pp. 1-14). Routledge.
Hudori, A., Ritonga, A. H., Anwar, K., & Hidayat, W. N. (2024). Kiai's Leadership in Human Resource Management of Islamic Boarding Schools in Jambi Indonesia. International Journal of Post Axial: Futuristic Teaching and Learning, 109-117.
Husni, M. (2020). Kepemimpinan Inklusif dalam Pendidikan: Teori dan Praktik. Bandung: Penerbit Pelajar.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan Pendidikan Inklusif di Indonesia.
Pudjiati, D. (2019). Model Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit XYZ.
Robinson, S. P. (2020). Fundamentals of Management (9th ed.). Pearson.
Sanjaya, W. (2022). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Implementasi. Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.
Wibowo, A. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 45-60.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.