Strategi Pengelolaan dan Pengembangan pada Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia

  • Muhammad Daffa Thufail Fakultas Agama Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Isra Hayati Fakultas Agama Islam, Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kata kunci: Manajemen Strategi, Pengelolaan; Pengembangan Usaha, Tadika Al-Fikh Orchard HQ

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk tidak hanya memperjelas strategi pengelolaan dan pengembangan usaha pada Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia tetapi juga tantangan yang dihadapi dalam implementasi strategi pengelolaan dan pengembangan usaha pada Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif filsafat postpositivisme. Objek penelitian bertempat di Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia. Data primer dan data sekunder penelitian diperoleh tidak hanya dari wawancara dan observasi dengan informan tetapi juga dari kajian pustaka, seperti jurnal, dan buku referensi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Strategi pengelolaan dan pengembangan usaha pada Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia perlu ditambahkan mengingat Tadika Al-Fikh Orchard HQ adalah terwaralaba dalam bidang pendidikan (franchisee). Hal ini menunjukkan pentingnya strategi pengelolaan dan pengembangan usaha. Ketentuan ini mencerminkan pentingnya tanggungjawab dan kewajiban dalam praktik etika bisnis syariah bukan saja dalam pengelolaan, melainkan juga dalam pengembangan usaha; (2) Tantangan yang dihadapi dalam implementasi strategi pengelolaan dan pengembangan usaha pada Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia telah teratasi dalam analisis SWOT dan SOP. Setidaknya, dengan pemahaman yang baik tentang aspek-aspek etika bisnis Islam, diharapkan Tadika Al-Fikh Orchard HQ dapat mengelola keuangan mereka secara efektif untuk meningkatkan keberlangsungan usaha Tadika Al-Fikh Orchard HQ di seluruh negara Malaysia.

Abstract

This research aims to not only clarify the management and business development strategy at Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia but also the challenges faced in the implementation of the management and business development strategy at Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia. Descriptive research method with a qualitative approach to postpositivism philosophy. The object of the research was located at Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia. Primary data and secondary data of research were obtained not only from interviews and observations with informants but also from literature reviews, such as journals, and reference books. The results of this research are as follows: (1) The management and business development strategy at Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia needs to be added considering that Tadika Al-Fikh Orchard HQ is a franchisee in the field of education (franchisee). This shows the importance of business management and development strategies. This provision reflects the importance of responsibilities and obligations in the practice of sharia business ethics not only in management, but also in business development; (2) The challenges faced in the implementation of business management and development strategies at Tadika Al-Fikh Orchard HQ Malaysia have been overcome in SWOT analysis and SOP. At least, with a good understanding of the aspects of Islamic business ethics, it is hoped that Tadika Al-Fikh Orchard HQ can manage their finances effectively to improve the sustainability of Tadika Al-Fikh Orchard HQ's business throughout Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU‎ PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH. JURNAL ISEMA: ISLAMIC EDUCATIONAL MANAGEMENT, 6(1), 87-94.
Afifah, A., & Hayati, I. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH AN-NIKMAH AL-ISLAMIYAH AL-THANAWIYAH PHNOM PENH KAMBOJA. ECONOMICS AND DIGITAL BUSINESS REVIEW, 5(2), 158-165.
Anggraini, S. M., & Rahmayati, R. (2024). IMPLEMENTASI PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH DI TADIKA TINTA KHALIFAH, SUNGAI KARANGAN PENANG-MALAYSIA “PERSPEKTIF” H. DADANG HUSEN SOBANA M.AG. JURNAL MASHARIF AL-SYARIAH: JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH, 9(1), 354-363.
Annisa, M., Sinaga, R. N., Shafitri, O., Ramadhani, A. W., Wirayuda, F., & Siregar, P. A. (2025). PENGARUH IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN GEN Z DALAM PEMBELIAN PRODUK MAKANAN VIRAL DI SOSMED. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), 3(1), 1-15.
Anwar, K., & Anti, A. R. (2023). PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS PERCETAKAN PADA RUMAHGRAFIKA PEKALONGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. MANIS: JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 6(2), 81-90.
Azzahra, A., & Hayati, I. (2023). IMPLEMENTASI PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA AL FIKH OCRHARD HQ KLANG, SELANGOR MALAYSIA. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL, 10(1), 101-109.
Bahari, B., Alnamira, A., Karimah, N., Musyafa, F., & Siregar, P. A. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN MANAJEMEN BISNIS SYARIAH DI ERA DIGITAL: STUDI LITERATUR. KOMUNIKA: JURNAL ILMIAH KOMUNIKASI, 2(2), 14-22.
Bungin, B. (2021). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Djamil, N. (2023). AKUNTANSI TERINTEGRASI ISLAM: ALTERNATIF MODEL DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN. JAAMTER: JURNAL AUDIT AKUNTANSI MANAJEMEN TERINTEGRASI, 1(1), 1-10.
Eka, E., Asiah, S. N., & Laili, L. M. (2022). Strategi dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(1), 90-101.
Gea, A. J., Mayasha, I., Fadila, R., Aliyanda, R., Fajri, R. L., & Siregar, P.A. (2024). BISNIS SYARIAH DALAM PERSFEKTIF AGAMA ISLAM BERDASARKAN ALQURAN DAN HADIST. JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA, 1(10), 8156-8164.
Hafid, H., Barnoto, B., & Abuhsin, J. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS DIGITAL BERBASIS GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION. KHARISMA: JURNAL ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(1), 48-58.
Janah, N. J. N., & Siregar, P. A. (2018). PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH INDONESIA. AT-TAWASSUTH: JURNAL EKONOMI ISLAM, 3(1), 163-183.
Muttaqien, I. Z. (2023). Strategi PENGELOLAAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI ERA DIFITALITAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE RESEARCH, 3(3), 6798-6811.
Nababan, M. L. (2023). MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA ERA 4. 0. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 5(2), 84-95.
Nabilah, J. P., & Amalia, A. (2023). PERAN KEUANGAN SYARIAH DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN TADIKA AL-FIKH ORCHARD KUALA LUMPUR. MUTIARA: MULTIDICIPLINARY SCIENTIFICT JOURNAL, 1(10), 625-633.
Nimong, T. C., Widyanto, R. H., Siraj, F., Aditya, T. W., & Siregar, P. A. (2024). STRATEGI PEMASARAN KOSMETIK HALAL DI INDONESIA. BRILLIANT: JOURNAL OF ISLAMIC ECONOMICS AND FINANCE, 2(2), 210-221.
Oktavianti, R., & Amsari, S. (2024). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI TADIKA BIJAK LESTARI AL-FIKH ORCHARD GEORGETOWN PENANG. Hijri, 13(1), 30-40.
Pratama, A. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA PERCETAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYITC HIERARCHY PROCESS. JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING, 4(1), 12–21.
Prayogo, Y., Saputra, J., & Ramadan, S. (2024). ANALISIS PENGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI MASJID AZIZI KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI. JOURNAL ECONOMIC EXCELLENCE IBNU SINA, 2(1), 285-305.
Ramadhani, A. D., Saragih, I., & Siregar, P. A. (2024). ETIKA BISNIS DALAM ISLAM TERHADAP PERUSAHAAN JASA YANG BERGERAK PADA BIDANG TRANSPORTASI DARAT. BRILLIANT: JOURNAL OF ISLAMIC ECONOMICS AND FINANCE, 2(2), 186-195.
Rangkuti, F. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis: Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Regar, R. (2021). PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN DI PONDOK PESANTREN ABINNUR AL-ISLAMI. MATAAZIR: JURNAL ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 2(2), 238-245.
Rinta, A. S. (2022). Strategi Pengelolaan Pemasaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(02), 198-205.
Rokan, M.K. (2013). Bisnis ala Nabi, Teladan Rasulullah Saw. dalam Berbisnis. Bunyan: PT Benteng Pustaka.
Rusiadi, Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2014). Metode Penelitian: Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan: USU Press.
Sa’baini, S., & Amsari, S. (2023). IMPLEMENTASI SISTEM PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN PADA TADIKA TINTA KHALIFAH AL FIKH ORCHARD PENANG MALAYSIA. JURNAL MASHARIF AL-SYARIAH: JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH, 8(3), 204-214.
Saputro, A. N. A., & Darim, A. (2022). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM KEBIJAKAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. KHARISMA: JURNAL ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(1), 36-47.
Sasongko, D. F., Budianto, E. W. H., Arkaan, D. U., & Herawati, A. (2024). INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM SISTEM EKONOMI SYARIAH PADA UMKM HALAL MELALUI PRODUK PEMBIAYAAN SYARIAH. MARTABE: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 7(4), 1303-1320.
Setyawan, A. (2022). UPAYA PENGELOLAAN PERCETAKAN BIRU DENGAN ANALISIS SWOT. EKSYAR: JURNAL EKONOMI SYARI’AH & BISNIS ISLAM, 9(1), 72–81.
Shepia, Abidin, Z., & Kadarsih, S. (2024). Pasar Islami: Penerapan Etika Bisnis Islam bagi Pedagang Sembako. Jambi: Zabags Qu Publish.
Sidiq, U., & Choiri, M.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.
Siregar, A. Y. R., & Basri, M. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUANBERBAHASA RESEPTIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI YAYASAN PENDIDIKAN TADIKA BORNEO MEDAN. JURNAL GENTA MULIA, 15(1), 445-451.
Siregar, P. A. (2020). RISIKO KEUANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA. AT-TAWASSUTH: JURNAL EKONOMI ISLAM, 5(1), 120-141.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Supangat, H. (2020). Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat) (Tesis), FITK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Ulfa, M. &. (2020). ANALISIS PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN PENDIRIAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. LAEDERIA: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), 26-37.
Widiastuti, T. (2017). ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PENGELOLAAN BISNIS DI PESANTREN MUKMIN MANDIRI. JURNAL EKONOMI SYARIAH TEORI DAN TERAPAN, 4(6), 464-477.
Wahyudin, H. U. R. (2021). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (PENDEKATAN PRINSIP EFISIENSI, EFEKTIVITAS, TRANSPARANSI, DAN AKUNTABILITAS). JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN, XIV(1), 41-54.
Wintoko, R., & Marlena, N. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM RUMAH KOPI TEMANGGUNG. JURNAL PENDIDIKAN TATA NIAGA (JPTN), 9(1), 1160-1166.
Yusri, N. S., & Rahmayati, R. (2024). PERANAN IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SEKOLAH SEBAGAI BUDAYA MUTU PADA TADIKA AL FIKH ORCHARD HQ MALAYSIA. ECONOMICS AND DIGITAL BUSINESS REVIEW, 5(2), 889-895.
Diterbitkan
2025-03-31
Bentuk Sitasi
Thufail, Muhammad, and Isra Hayati. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 31, 2025): 426-445. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2813.
Section
Articles