The Implementation of Kurikulum Merdeka in Islamic Education in the 3T Regions of North Lombok

Authors

  • M. Ikhwanul Hakim Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Bahya Alfitri Institut Elkatarie

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2969

Keywords:

Implementation, Kurikulum Merdeka & 3T Areas

Abstract

This research aims to analyze the implementation of the Merdeka Curriculum in the 3T (isadvantaged, forefront, outer) regions of North Lombok. The method employed is qualitative with a multi-site approach to examine the challenges of implementing the Merdeka Curriculum in this area. The study finds that the implementation faces challenges such as inadequate educational infrastructure, limited teacher quality, and high levels of poverty, which hinder effective education. To address these issues, strategic collaboration among local government, educational institutions, and the community is crucial. This includes improving infrastructure, providing continuous teacher training, integrating local content into the curriculum, and enhancing socio-economic support and transportation. Active parental involvement also plays a significant role. Through these combined efforts, inclusive and relevant education can be achieved for students in these regions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video animasi sebagai media pembelajaran efektif bagi siswa sekolah dasar di masa pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54-67.

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Grasindo.

Anggraini, G., & Winarti, W. (2023). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu): Problems Using the Free Teaching Platform for Teachers in Areas Without an Electric Network (Study at SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103-112.

Ansya, Y. A. U. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 43-52.

Anwar, M. (2022). Green economy sebagai strategi dalam menangani masalah ekonomi dan multilateral. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 343-356.

Ardhiyansyah, A., Sulistyowati, N. W., Hidayati, N., & Handayani, E. (2023). Inovasi Berkelanjutan: Pendekatan Kolaboratif untuk Mengatasi Tantangan Sosial-Ekonomi di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 460-467.

Arismunandar, M. P., Pramita, R. A., Putri, R. S. S., Ishar, A. A., Sirojjuddin, M. P., Savitri, M., ... & Ahmad, D. W. (2021). ISU TEORI DAN INOVASI PENDIDIKAN (Vol. 270). CV Pena Persada.

A'rop, Y., & Hadi, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran IPS Berbasis Project-Based Learning dengan Kearifan Lokal di SMPIT BBS Bogor. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(2), 702-713.

Ayu, C. (2022). ANALISIS KEBIJAKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 028 PEMATANG REBA, RENGAT BARAT INDRAGIRI HULU. Al-Afkar: Manajemen pendidikan Islam, 10(2), 128-139.

Bawor, E., & Masduki Ahmad, S. H. (2023). STRATEGI PENINGKATAN PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN ANAK PAPUA. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 167-176.

Cahyani, I. M., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2022). Pengembangan LKS elektronik berbasis kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa SMP/MTs pada materi himpunan. PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11(2), 120-132.

Darmadi, H., & MM, M. (2018). Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru. Guepedia.

Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).

Firdaus, K., & Ritonga, M. (2024). Peran Teknologi Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 43-57.

Firdaus, K., & Ritonga, M. (2024). Peran Teknologi Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 43-57.

Hamu, F. J. (2024). MERETAS JALAN PENDIDIKAN KATOLIK YANG ADIL DAN SETARA DI PEDESAAN. STIPAS TAHASAK DANUM PAMBELUM KEUSKUPAN PALANGKARAYA, 2(2), 45-59.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559.

Hanapi, H., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). The Problems and Dilemmas of Implementing the MBKM Curriculum Education Study Program in the Social Science in the Lombok Region. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 13(2), 260-267.

Handayani, F., Hasyim, D. M., Suryono, W., Sutrisno, S., & Novita, R. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam mendukung efektivitas pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1265-1271.

Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.

Hasanah, N., Nur, M. A., Rahmatillah, S. A., Darwisa, D., & Putri, K. H. (2024). Analisis Faktor Penghambat dan Upaya untuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3162-3169.

Hasbiyallah, H., Inayah, J., Mustofa, K. A., Hudan, L. M., Aulia, L., & Gunawan, M. D. (2022). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN MAN 3 SUKABUMI. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 42-56.

Hasthoro, H. A., & Ambarwati, N. (2016). Analisis sebaran guru Dikdasmen di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal): tinjauan Sekolah Menengah Pertama.

Hidayat, U. F., Pasaribu, M. M., Rantung, D. A., & Boiliu, N. I. (2023). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Adaptif dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3492-3506.

Hidayati, A., Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., ... & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75-80.

Husna, D. A., Jon, E., Sutrisna, N., Amri, N., Ikhlas, A., & Walenta, A. S. (2024). Integrasi Model Project Based Learning (PjBL) dan Etnobiologi dalam Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Journal on Education, 6(4), 22657-22668.

Istiani, M., & Hadi, R. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Rinjani Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JR-PGSD), 1(04), 125-135.

Junaidi, A. (2021). Kurikulum Merdeka: Ide untuk Sekolah-Sekolah Indonesia di Dunia Pasca Pandemi. Jurnal Universitas Mataram.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.

Maisaroh, A., & Wathon, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 1(1), 64-82.

Masanggelo, S. A., Pioh, N. R., & Kumayas, N. (2023). Kebijakan Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pengadaan Fasilitas Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Esang Mamahan. GOVERNANCE, 3(1).

Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190-203.

Maulido, S., Karmijah, P., & Rahmi, V. (2024). Upaya meningkatkan pendidikan masyarakat di daerah terpencil. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 198-208.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan inklusif: membangun lingkungan pembelajaran yang mendukung kesetaraan dan kearifan budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11-22.

Oktavia, P., & Khotimah, K. (2023). Pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama islam di era digital. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(5), 66-76.

Paku, A. L., Hidayati, I. A. N., & Santosa, E. B. (2017). Pengembangan Pasar Tradisional Berdasarkan Kebutuhan Ruang Pedagang dan Konsumen Lokasi Studi: Pasar Nduaria, Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende. Institut Teknologi Nasional Malang.

Paramansyah, H. A., & SE, M. (2020). Manajemen pendidikan dalam menghadapi era digital. Arman Paramansyah.

Paulina, T., & Patimah, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Manajemen Mutu di SMAN 2 Gading Rejo. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(1), 189-206.

Purwowidodo, A., & Ritonga, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81-95.

Putri, S. H. (2024). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Palipi. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan, 2(2), 102-107.

Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., Noviana, I. P., & Enurmanah, E. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 31-44.

Raihansyah, M. Z., Abqari, R. V., Alwafy, M. H., Syafa'at, M. B., & Radianto, D. O. (2024). Pentingnya Pendidikan Vokasi dalam Mengembangkan Ilmu Bisnis Maritim di Indonesia. Journal of Creative Student Research, 2(2), 12-30.

Rambung, O. S., Sion, S., Bungamawelona, B., Puang, Y. B., & Salenda, S. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 598-612.

Santoso, A. T. (2019). SEKOLAH LUAR BIASA TERPADU TINGKAT DASAR DI KOTA MALANG (ARSITEKTUR NEO VERNACULAR (Doctoral dissertation, ITN MALANG).. SEKOLAH LUAR BIASA TERPADU TINGKAT DASAR DI KOTA MALANG (ARSITEKTUR NEO VERNACULAR (Doctoral dissertation, ITN MALANG).

Santy, N. M. I. D., & Nasution, M. (2024). Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka Bermain pada Taman Kanak-Kanak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 290-299.

Saprianto, R., Simbolon, T. R., & Hukom, A. (2023). Implikasi Otonomi Daerah Pada Pembangunan Sektor Pendidikan dan Kesehatan di Indonesia. JEPP: Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Pariwisata, 3(2), 68-84.

Sari, A. K., & Sirozi, M. (2023). Politik Pendidikan Islam Indonesia Masa Reformasi (1998-Sekarang). Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 20-37.

Sarjito, I. A., Purwantoro, I. S. A., SE, M., Mualim, M., Sumarno, I. A. P., SAP, M., ... & Sos, S. (2024). Geodefense Konsep Pertahanan Masa Depan. Indonesia Emas Group.

Setyanto, N. A. (2017). Interaksi dan komunikasi efektif belajar-mengajar. Diva Press.

Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, H., Asfahani, A., & Azis, A. A. (2023). Mengurangi Ketimpangan Sosial Melalui Program Bantuan Pendidikan Bagi Anak-Anak Kurang Mampu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8440-8447.

Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 25-35.

Supriyanto, S. Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil (P5) Sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Surwuy, G. S., Rukmini, B. S., Riyanti, R., Saleh, M., & Mahmud, S. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Tinjauan Implementasi di Sekolah Menengah. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 5(1).

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran guru sejarah abad 21 dalam menghadapi tantangan arus globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.

Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah.

Sya'roni, M. (2019). Strategi Integrasi Pendidikan Anti Radikalisme Dalam Kurikulum Sma/Ma. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 1(01), 37-45.

Uno, H. B. (2022). Landasan pendidikan. Bumi Aksara.

Walewangko, S. A., Untu, H. I., Koleangan, C. A. P., & Katuuk, D. A. (2022). Kurikulum Pendidikan: Konsep Dasar, Landasan, Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Nas Media Pustaka.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.

Yulianti, D. (2019). Buku Ajar Manajemen Strategi Sektor Publik.

Yuniarto, P. R. (2016). Masalah globalisasi di Indonesia: Antara kepentingan, kebijakan, dan tantangan. Jurnal Kajian Wilayah, 5(1), 67-95.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

Downloads

Published

29-09-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“The Implementation of Kurikulum Merdeka in Islamic Education in the 3T Regions of North Lombok”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 3 (September 29, 2025): 269–293. Accessed November 27, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2969.