Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Program Madrasah Ramah Anak untuk Meningkatkan Literasi Siswa pada Madrasah di Kabupaten Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2462Keywords:
Kurikulum Merdeka, Madrasah Ramah Anak, LiterasiAbstract
Perubahan kurikulum di Indonesia sering dimaknai dengan perubahan kekuasaan melalui Kementerian pendidikan yang berbeda-beda yang berimplikasi membuat kebijakan yang berbeda-beda pula. Hal ini terjadi karena belum optimalnya satuan pendidikan melaksanakan kurikulum tertentu untuk dioperasionalkannya. Di satu sisi perubahan kurikulum merupakan suatu keniscayaan disebabkan perubahan dan tantangan zaman yang berbeda-beda. Oleh sebab itu kurikulum merupakan jawaban dari tantangan dan perubahan zaman tersebut, maka dari itu sangat wajar jika kurikulum memang harus selalu berubah sebagai suatu respon. Oleh sebab itu perubahan kurikulum tidak hanya pada aspek teoritis tetapi juga implementasi dan implikasi kurikulum tersebut harus mampu mengubah dan meningkatkan program-program dalam satuan pendidikan tersebut, salah satunya adalah program Madrasah Ramah Anak. Program ini sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan literasi anak dengan cara membentuk iklim dan budaya madrasah yang menyebabkan anak senang dan betah berada di lingkungan madrasah.
Dalam konteks pendidikan madrasah di kabupaten Lombok Timur, implementasi kurikulum merdeka melalui program Madrasah Ramah Anak akan memberikan pemahaman mendalam tentang sejauh mana kurikulum ini telah berhasil mencapai tujuan pendidikan literasi. Dengan demikian, hasil evaluasi dapat memberikan landasan untuk perbaikan lebih lanjut, memastikan bahwa pendidikan di madrasah dapat memberikan pendidikan berkualitas yang sesuai dengan visi kurikulum merdeka.
Downloads
References
Agus Yulianto, Desember 2016, Pendidikan Ramah Anak, SD IT Ihsan Cendikia, ISSN: 2527-8231, Volume, 1, No. 2
Arief Aulia Rahman dan Cut Eva Nasryah, 2019, Evaluasi Pembelajaran, (Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia)
Asrorun Ni’am Sholeh, 2016, Panduan Sekolah Ramah Anak, (Jakarta: Erlangga).
Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita, 2015, Evaluasi Pembelajaran, (Medan: Citapustaka Media)
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2022, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Menengah
A. Aprillia, C. Nurhayati, and A. P. B. Pandiangan, 2023, Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran, J. Ilmu Pendidik. dan Sos., vol. 1, no. 4, pp. 2829–272
Emzir, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, cet. 2, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)
F. Fauzan, R. A. M. Ansori, M. Dannur, A. Pratama, and A. Hairit, “The Implementation of the Merdeka Curriculum (Independent Curriculum) in Strengthening Students’ Character in Indonesia,” Aqlamuna J. Educ. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 136–155, 2023, doi: 10.58223/aqlamuna.v1i1.237.
H. Syahida and L. Dewi, 2023, Identifying 21st-Century Skills In The ‘Kurikulum Merdeka’ At The Elementary Level Numeracy Aspect: A Literature Review, Int. Conf. Elem. Educ. , vol. 5, no. 1, pp. 308–314.
https://www.kajianpustaka.com/2022/07/sekolah-ramah-anak-sra.html
K. Kekerasan, S. Mencoreng, and D. Pendidikan, 2018, KPAI, ‘ Kasus Kekerasan di Sekolah Mencoreng Dunia Pendidikan ’, Kiblat.net.
L. Sapitri and D. Sukirman, 2023, Comparative Study of the Implementation of Mathematical Literacy in the Merdeka Curriculum at the Junior High School evel, Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 52, no. 2, pp. 145–154, 2023.
Lexy J. Moleong, 2017, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).
M. R. Zidan, 2023, A Literature Study On The Implementation Of Merdeka Curriculum, J. Ris. Rumpun Ilmu Bhs., vol. 2, no. 2, pp. 153–167.
Muhammad Hariwijaya dan Triton, 2008, Pedoman Penulisan Ilmiah Proposa ldan Sekripsi, (Jakarta: Tugu Publisher).
N.S. Sukmadinata, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: remaja Rosdakarya).
Nurlaila. 2015, Ilmu Pendidikan, (Palembang: Noerfikri).
S. Mutia, “Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak Pada MIN 27 Aceh Selatan,” desultanah-Journal Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 62–83, 2023, [Online]. Available: https://journal.desultanah.com/index.php/desultanah/article/view/15
Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022, Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran
St. Nurul Fitriani, Ahmad Hulaimi, Muh. Samsul Anwar, 2023, Gender, Motivasi dan Kemampuan Literasi Inklusif, (Mataram: CV. Insan Kreasi Media).
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R dan D, 2018, (Bandung: CV Alfabeta).
Suharsimi Arkunto, 2016, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta).
Usman, Evaluasi Program Pendekatan Responsive Evaluation Model Terhadap Madrasah MAN Model, Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, Volume 14, Nomor 1, Januari-Juni 2023 E-ISSN:2621-2404, P-ISSN:1907-3003
Z. Dhandy Syahputra, “Volume 01, Number 02 August 2020,” Int. J. Educ. Resour., vol. 01, no. 02, pp. 2020, h. 183–185