Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV MI/SD
Abstrak
In learning teachers have used Powerpoint media but still lacking in learning design and often teachers use image media in learning. The purpose of this study is Powerpoint media design. The method used is R&D (Research and Development) adopted from Borg and Gall by combining assure models. The results of this study obtained two validators namely validator A is 3.52 out of 4 while validator B is 3.59 out of 4, has "excellent" criteria. On the score of two teachers obtained, teacher A scored 3.09 out of 4 good criteria while teacher B scored 3.31 out of 4 excellent categories.
Downloads
Referensi
Anyan Anyan, Benediktus Ege, and Hendry Faisal, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point,†JUTECH : Journal Education and Technology 1, no. 1 (June 22, 2020), https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690.
Cecep Kustandi. Media Pembelajaran manual dan Digital. (Bogor: Ghalia Indah, 2011).
Darmajid Darmajid, “Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Darun Najah Kwangsan Sedati Sidoarjo†(undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015), 25, http://digilib.uinsby.ac.id/2631/.
H. Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif-inovatif: Buku bacaan Wajib Guru, Dosen, dan Calon Pendidik, (Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013).
IW Widiana, NT Rendra, and ..., “Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA,†Indonesian Journal Of …, no. 1 cites: https://scholar.google.com/scholar?cites=4347198260370398301 & as_sdt=2005 & sciodt=0,5 & hl=en (2019), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/22563.
Jasmadi, Menyusun Presentasi Pembelajaran Berbasis TIK dengan MS. Office, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI, 2010).
Lina Novita, Tustiyana Windiyani, and Rifa Fazriani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,†Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 2, no. 2 (November 1, 2019): 82, https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1451
Mardhatillah Mardhatillah. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Pada Materi Teks Narasi Di Kelas IV SD/MI,†Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 2 (June 2, 2018): 13, https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/74.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19), Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4â€. 24 Maret 2020.
Munir, Pembelajaran Digital, (Bandung: CV. Alfabeta, 2017).
Novia Winda, “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,†STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 1, no. 1 (April 1, 2016), https://doi.org/10.33654/sti.v1i1.343.
Nur ‘Ainul Badi’ah. “Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis ICT Untuk Materi UN Tingkat SD/MI Berdasarkan SKL 2015/2016 Di MI Raudhlatul Falah Talok Malangâ€. Tesis. Malang: UIN Malik Malik Ibrahim Malang. 2016.
Rudi Susilana dan Cepi Riyana, Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, (Bandung: CV Wacana Prima, 2009).
Sri Ulina Beru Ginting, “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media ‘Elegi Esok Pagi ’ Karya Ebid G.Ade Siswa Kelas XI SMA Swasta Nasional Namotrasi Tahun Pelajaran 2018/2019,†Jurnal Serunai Bahasa Indonesia 16, no. 2 (November 6, 2019): 114, https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i2.198.
Sugiono, Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013), Cet. Ke-21.
Susilana, R & Cepi R, Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, (Bandung: CV. Wacana Prima, 2009).
Syahril Syahril, “Pengembangan Desain Model Assure Pada Pembelajaran IPS SD/MI,†Tarbiyah al-Awlad 8, no. 1 (2018): 65–75, https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1592.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.