Implementasi Evaluasi Kurikulum Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar di Kota Semarang)
Abstrak
Kegiatan evaluasi kurikulum sebagai bagian penting dalam manajemen kurikulum wajib di laksanakan oleh setiap satuan Pendidikan. Pengetahuan dan pemahaman sekolah mengenai konsep dan implementasi evaluasi kurikulum memiliki pengaruh dalam menjamin keberhasilan evaluasi kurikulum. Tujuan dari penelitian ialah untuk mendeskripsikan proses evaluasi kurikulum pada jenjang pendidikan dasar di Kota Semarang, ditinjau dari beberapa aspek, yaitu pemahaman sekolah terhadap konsep dan urgensi evaluasi kurikulum, model evaluasi, dimensi evaluasi kurikulum, kebutuhan sekolah untuk kegiatan evaluasi kurikulum. Penelitian menggunakan metode penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri X di Kota Semarang. Informan penelitian terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Pengumpulan data dengan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sekolah telah memahami konsep dan urgensi evaluasi kurikulum di sekolah
Downloads
Referensi
Budiani, Sri, Sudarmin Sudarmin, dan Rodia Syamwil. 2017. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Pelaksana Mandiri.†Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6 (1): 45–57. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15998.
Darmansah, Darmansah. 2022. “Model Evaluasi Kurikulum dalam Pembelajaran.†Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, April, 1–2.
Fuadi, Ahmad Sahal, dan M. ANAS. 2019. “Implementasi Model CIPP Dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi.†Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pengjaran (SEMDIKJAR) 3 1 (1): 316–24.
Hamid.S, Hasan. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hk, H. M. Nasron. 2015. “POLA PENGEMBANGAN DAN EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.†Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan 8 (2). https://doi.org/10.29300/nuansa.v8i2.397.
Hutahaean, Berman. 2021. PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KURIKULUM MULTIDIMENSI UNTUK KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. Penerbit NEM.
Nasirudin, Ahmad. 2021. “Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Model Cipp Stufflebeam.†PROCEEDING UMSURABAYA 1 (1). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7856.
Ornstein, Allan C. 1988. Curriculum : Foundations, Principles, and Issues. Prentice -Hall. http://125.18.99.74:8080/jspui/handle/123456789/9296.
Ph.D, Prof Mohamad Ansyar. 2017. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Prenada Media.
Prastowo, Andi. 2018. “TRANSFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI INDONESIA | JIP (Jurnal Ilmiah PGMI).†2018. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/2567.
Qondias, Dimas, Pelipus Wunggo Kaka, dan Maria Infiolata KM Nau. 2018. “STUDI EVALUASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH DASAR DI WILAYAH TIMUR INDONESIA.†JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 4 (1): 63–72. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.15.
Rouf, Muhammad, Akhmad Said, dan Dedi Eko Riyadi Hs. 2020. “PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH: KONSEP, MODEL DAN IMPLEMENTASI.†AL - IBRAH 5 (2): 23–40.
Salabi, Agus Salim. 2020. “Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah.†Education Achievement: Journal of Science and Research. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177.
Setiadi, Hari. 2016. “Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013.†Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20 (2): 166–78. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.
Sumadi, Suhartini, Syams Kusumaningrum, dan Desti Rahayu. 2023. “Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) Dalam Program Asistensi Mengajar Di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.†MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 5 (1): 20–29. https://doi.org/10.33365/jm.v5i1.2393.
Syaodih, Erliany. 2009. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Dasar: Satu Usulan.†Inovasi Kurikulum 6 (2): 54–73. https://doi.org/10.17509/jik.v6i2.35700.
Wahzudik, Niam. 2020. “Implementasi Evaluasi Kurikulum Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar di Kabupaten Kudus).†Teknodika 18 (1): 48. https://doi.org/10.20961/teknodika.v18i1.34951.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.