Sistem Informasi Aplikasi e-Book Mobile Learning pada Buku Iqro’ Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Mobile

  • Muhamad Alda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Poppy Hidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Febby Duti Widya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Achmad Zoemirrotin Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: sistem informasi, mobile learning, buku iqra’, Kodular, ,Airtable

Abstrak

Buku Iqra’ merupakan salah satu wadah untuk umat muslim belajar huruf Hijai’yyah pertama sekali sebelum dapat membaca al-quran. Buku Iqra’ adalah buku yang berisi huruf Hijai’yyah disertai dengan cara membaca yang tepat. Buku Iqra’ merupakan karya dari KH. As’ad Humam yang selalu dipakai oleh seluruh umat muslim yang ada di Indonesia dari dulu sampai sekarang. Saat belajar iqro dalam bentuk buku harus hati-hati dan menjaga kualitas buku agar tidak merusaknya seperti basah, terbakar atau tersobek saat memindahkan halamannya. Semua kendala-kendala yang telah disebutkan berdampak signifikan terhadap pembelajaran dan penguasaan fitur-fitur Iqro, Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengimplementasikan teknologi Android, sebuah sistem operasi yang memungkinkan umat muslim belajar Iqro’ dengan nyaman dan aman menggunakan smartphone. Oleh karena itu perlu dibuat suatu aplikasi yang dapat digunakan pada saat terjadi kekurangan guru. Penulis menggunakan metode waterfall untuk mengembangkan sistem informasi tersebut dan menggunakan kodular dan airtable untuk membangunnya. dengan adanya sistem informasi ini diharap dapat mempermudah umat muslim untuk belajar huruf Hijai’yyah dan meningkatkan motivasi belajar iqro’.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Alda, M. (2019). Sistem Informasi Laundry Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Android Pada Simply Fresh Laundry. (Jur Ti) Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 122-129.
Sobri, M., & Abdillah, L. A. (2013). Aplikasi Belajar Membaca Iqro’ Berbasis Mobile. Arxiv Preprint arxiv: 1301. 6319.
Tawakal, F., & Deasy Wahyuni, A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Buku Iqro’ Berbasis Android. (Jur IT) Jurnal Informatika , 12(2), 20-25.
Suheri ., Fadillah, A., & Khaliq, A. (2021). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Untuk Belajar Huruf Hijaiyah. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 1(1), 28-36.
Rosmaidah, I., & Destiana, H. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah Pada TKQ Al-Khoiriyah. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 3(1), 100-105
Bastian, A., Zuliluddin, D., & Ramdani, A. M. (2019). Pengembangan Media Learning Game Al-Qur’an Berbasis Multimedia Interaktif. INFOTECH journal, 5(2), 29-33.
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Alda, Muhamad, Poppy Hidayah, Febby Widya, and Achmad Siregar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 165-174. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1551.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)