Analisis Butir Soal Komputer Materi Corel Draw Tingkat Sekolah Dasar
Abstrak
DOI: https://doi.org/10.36835/modeling.v11i1.2231
Pembelajaran komputer dimasukkan di jenjang Pendidikan sekolah dasar sebagai materi muatan lokal. Salah satu topik yang diajarkan adalah corel draw. Materi ini khususnya diajarkan pada murid jenjang kelas 5 sekolah dasar. Kemampuan yang dilatihkan meliputi pengenalan icon dan tools yang terdapat di aplikasi corel draw, bagaimana membuat garis dan bentuk, menggunakan warna dan mengaplikasikannya pada desain yang mereka buat. Kemampuan ini perlu diukur tingkat ketercapaiannya dengan berbagai macam tes agar guru tahu sampai sejauh mana materi sudah dikuasai murid-murid. Tes pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi capaian adalah mengembangkan butir soal dengan menganalisis validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Penelitian ini adalah berupa analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS 22 dan aplikasi Microsoft excel, kemudian dijelaskan secara deskriptif untuk mengambil kesimpulan. Hasil ini meliputi empat hal antara lain (1) validitas diperoleh hasil 7 soal tidak valid. Sedangkan 8 soal dinyatakan valid dengan nilai validitas yang berbeda; (2) reliabilitas dinyatakan dengan nilai 0,574; (3) daya pembeda instrument tes ini kategori baik dengan sejumlah 5 soal. (4) tingkat kesukaran soal tes ini kategori mudah sebanyak 11 nomor soal sehingga dapat disimpulkan masih perlu diperbaiki lagi pada soal berikutnya.
Downloads
Referensi
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.506
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang
Christyowati, Yunitha Ike. (2023). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Materi Pernapasan Pada Manusia Kelas V SD Santa Maria Surabaya. DE_Journal Vol. 4 No. 2 (2023), 874-880
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR. Al-Manar. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115
Farida & Musyarofah, Anna. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1 (1), 34-44.
Ginanjar, Anggi Rahmat. (2019). Generasi Alpha dan Pendidikan 4.0. https://kaksetoschool.sch.id/index.php/galeri/32-generasi-alpha-dan-pendidikan-4-0
Hanifah, Nani. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio e-Kons 6 (1), 41-55
Kurniawan, Tutut. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education 4 (1), 1-6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee.
Purnamasari, A. M., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2020). Analisis Deskriptif. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Tatuwo, Anggi Gratia Putri. (2023). Analisis Butir Soal Bahasa Mandarin Kelas 2 SD JAC Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023
Virginia, S., Angraini, W., Pratesya, W., & Walid, A. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Terpadu Kelas VII SMP 05 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal PTK Dan Pendidikan. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4173

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.