Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Pembelajaran Saintifik Ilmiah Sekolah Ramah Anak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kopang TP. 2022/2023

  • Muslihan Muslihan STIS Harsyi Lombok Tengah
Kata kunci: Pembelajaran Saintifik, Sekolah Ramah Anak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru mendesain kegiatan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak dalam melalui kegiatan pelatihan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research), prosedur dan langkah-langkahnya sama dengan penelitian tindakan kelas, secara reflektif dapat menganalisis, mensintesis, terhadap apa yang dilakukan di kelas. Dalam hal ini berarti dengan melakukan PTS, kepala sekolah dapat memperbaiki praktik-praktik pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif. Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mendesain pembelajaran sekolah ramah anak di SMPN 2 Kopang. Setelah diberikan tindakan berupa kegiatan pelatihan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak, kompetensi guru meningkat pada siklus I menjadi 18 guru (67%) dalam kategori baik dan 9 guru (33%) dalam kategori cukup, dan pada siklus II menjadi 27 guru (100%) dalam kategori baik dalam mendesain pelatihan pembelajaran saintifik ilmiah sekolah ramah anak.

Abstract

 

By providing child-friendly school scientific learning training activities, this study seeks to increase teachers' proficiency in creating engaging scientific learning activities for students. This study employs action research techniques; the steps and processes are identical to those of classroom action research, and it is capable of critically analyzing and synthesizing classroom activities. In this instance, it means that school principals can enhance learning techniques and make them more effective by using PTS. Planning, doing out, observing, and reflecting are the PTS phases. The study was conducted in two cycles, with four stages in each cycle: preparation, execution, observation, and reflection. At SMPN 2 Kopang, teacher proficiency in creating kid-friendly classroom instruction has increased. Teacher competency increased in cycle I to 18 teachers (67%) in the good category and 9 teachers (33%) in the sufficient category after being given action in the form of training activities for child-friendly school scientific learning. In cycle II, teacher competency increased to 27 teachers (100%) in the good category when it came to creating training for child-friendly school scientific learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arikunto, S., Suhardjono., Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Banamtuan, E.F. 2019. Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) Berbasis Nilai di SD Inpres Liliba Kota Kupang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). 4(1): 1-12.
Barnawi dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Aar-Ruzz Media.
Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak. 2017. LATKIP 2017. Jakarta: KEMENPPA. Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hosman. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonessia.
Karlina, Y. 2012. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SD Putren Pleret Bantul. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidik. 1(1).
KEMENPPA. 2014. Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak.
Kurniasih, I & Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Martinis Yamin. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Moh Uzer Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudlofin, A., 2013. Pendidikan Profesional. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Indonesia.
Rugaiyah. 2011. Profesi Kependidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
S. Nasution. 2006. Azas-Azas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suyadi Prawirosentono. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Triyanto, T. 2006. Tinjauan Yuridis Hak Sera Kewajiban Pendidik Menurut UUGD. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, S. 2009. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zainal Aqib. 2010. Profesionalisme Guru, Surabaya : Insan Cendekia.
Diterbitkan
2024-12-12
Bentuk Sitasi
Muslihan, Muslihan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 12, 2024): 111-129. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2630.
Section
Articles