Analisis Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkat Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghadapi tantangan kurangnya kepuasan dalam prestasi belajar siswa yang diakibatkan oleh kurangnya kecakapan pengajaran di kalangan pendidik. Dengan menerapkan metode tinjauan pustaka (LR), penelitian ini menyelidiki beragam bahan bacaan terkait pendekatan pembelajaran mind mapping untuk memperbaiki prestasi belajar siswa. Penelitian ini menyoroti urgensi penggunaan media, model, dan strategi yang cocok dengan latar belakang peserta didik guna memfasilitasi kegiatan belajar mengajar yang efisien. Pendekatan pembelajaran mind mapping muncul sebagai alternatif yang menjanjikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menyediakan cara yang mudah bagi mereka dalam memahami informasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran mind mapping sangat berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, karena mampu memacu motivasi dan menambah daya tarik dalam proses belajar mereka.
Abstract
This study aims to address the challenge of insufficient satisfaction in student learning achievement attributed to the lack of teaching skills among educators. Utilizing the literature review (LR) method, this research investigates various literature concerning the mind mapping learning model to enhance student learning achievement. The study underscores the importance of employing suitable media, models, and approaches tailored to the backgrounds of learners to facilitate effective teaching and learning activities. The mind mapping learning model emerges as a promising solution to improve student learning achievement by providing ease of information assimilation for learners. Findings indicate that the mind mapping learning model is highly successful in enhancing student learning achievement as it stimulates motivation and increases the attractiveness of their learning process.
Downloads
Referensi
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Anwar, M. F. N., & Widayanti, I. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sdn 1 Landungsari Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(2), 157–167.
Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Lukiati, B., & Purnomo, A. R. (2020). Mind mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 4–17. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I06.12657
Bagoes Pradana Sapoetra. (2019). EFEKTIFITAS PENERAPAN MIND MAPPING ELSE ( Elementary School Education Journal ). Elementary School Education Journal, 3, 87–97.
Berliana, N., Enawati, E., & Lestari, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Chemcrossworld Puzzle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 2. Pengaruh Penggunaan Media Chemcrossworld Puzzle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 2.
Dahlani, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (Penelitian
Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 208–218. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2043
Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2091
Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372
Gavens, N., Doignon-Camus, N., Chaillou, A. C., Zeitler, A., & Popa-Roch, M. (2020). Effectiveness of mind mapping for learning in a real educational setting. Journal of Experimental Education, 90(1), 46–55. https://doi.org/10.1080/00220973.2020.18487 65
Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Systematic Literature Review : Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 3(April), 1–7.
KUSTIAN, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384
Lestari, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 231–239.
MANULLANG, M., & SILABAN, P. J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sd Negeri 060914 Kec.Medan Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 110–
129. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i1.636
Mawanto, S. (2019). Implementasi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.283
Nopalia, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Materi Pokok Nilai-Nilai Pancasila Kelas X-IPS4 SMAN 1 Dukupuntang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(3), 137–141. https://doi.org/10.52436/1.jpti.158
Nopita, D., Susanti, R. H., & Aramudin, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran IPA dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan, 32(2), 197–206. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/3657%0Ahttps://journal.univetbantar a.ac.id/index.php/jp/article/download/365 7/2060
Nuna, M., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2023). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Di Sma Negeri 1 Paberiwai. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7683–7692. https://stp-mataram.e- journal.id/JIP/article/view/2465
Nurlaela, N., Yunus, Muh., & Elpisah, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) Di Sdn 13 Kassi Kabupaten Pangkep. Jurnal Education and Development, 11(2), 250–254. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4597
Pratiwi, C. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD. Jurnal
Guru Kita PGSD, 2(3), 116. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10393
Putri, R. H., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Mind Mapping. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 87–101.
Rezapour-Nasrabad, R. (2019). Mind map learning technique: An educational interactive approach.
International Journal of Pharmaceutical Research, 11(1), 1593–1597.
Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422
Sakti, B. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Tema Karakteristik Geografis Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 218–229. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.659
Saputra, I. M. A. S., Agustiana, I. G. A. T., & Dharmayanti, P. A. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 41–47.
Sari, R. M., Sumarmi, Astina, I. K., Utomo, D. H., & Ridhwan. (2021). Increasing Students Critical Thinking Skills and Learning Motivation Using Inquiry Mind Map. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(3), 4–19. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i03.1651
Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30.
https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa.Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.7280
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204
Sulistianah, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Padamata Pelajaran Ipa Di Jurnal Education and Development, 9(2), 249–254. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/vi ew/2563
Sunimbar, F. F. A., Kupang, U. M., Studi, P., Sosiologi, P., & Kupang, U. M. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR MATERI INDAHNYA. 6(September), 177–185.
https://doi.org/10.5281/zenodo.3551966
Tambunan, P. K., Pertiwi, C., & Wicaksono, R. S. (2023). Jurnal Pendidikan Indonesia PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PENABUR INFO ARTIKEL Diterima : 10-02-2023 Direvisi : 20-02-2023 Disetuji : 21-02-2023
Pendahuluan Pandemic COVID-19 di Indonesia yang terjadi dinilai s. 4(02), 205–214.
Variani, N. L. D., & Gede Agung, A. A. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 290. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631
Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 467–
473. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1459
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174
Yamah, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII-H Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(3), 475–480. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i3.530
Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 196. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021
Zuhdiana, A. A., & Mawartningsih, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 604–610.
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.