Metode Maternal Reflektif (MMR) Sebagai Solusi Kesulitan Membaca Anak Tunarungu

  • Auliya Fia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata kunci: metode Maternal Reflektif, membaca permulaan, anak tunarungu

Abstrak

Anak tunarungu cenderung memiliki kemampuan membaca yang kurang karena keterbatasan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan agar guru dapat menghadapi anak tunarungu yang kesulitan membaca dengan metode Maternal Reflektif yaitu metode pertukaran gagasan, informasi, perasaan, atau pikiran melalui percakapan antara dua orang atau lebih untuk mengajarkan bahasa secara sederhana pada anak tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Maternal Reflektif dapat digunakan sebagai solusi kesulitan membaca pada anak tunarungu. Manfaat metode MMR yaitu tidak hanya sebagai sarana maupun media untuk menyampaikan materi pelajaran namun juga sebagai tujuan pengajaran itu sendiri. Selain itu sebagai sarana belajar untuk bersikap secara spontan, reaktif, dan empati terhadap orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Astuti, Dewi Puji. 2018, Pengaruh Penggunaan Media ABACA Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Autis di Sekolah Khusus Cita Hati Bunda Sidoarjo. Skripsi: Universitas Negeri Surabaya.
H, Hermin Ratih dan Rr Amanda Pasca Rini. 2015, Pengaruh Auditori Verbal Therapy Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pendengaran. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1), 77-86.
Irwanto, Fauzi, dkk. 2018. Efektifitas Metode Maternal Reflektif dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 25-28.
Linawati, Ririn. 2012, Penerapan Metode Mathernal Reflektif dalam Pembelajaran Berbahasa pada Anak Tunarungu di Kelas Persiapan SLB Negeri Semarang. Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1-7.
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pujiwati, Sri. 2012, Meningkatkan Pemahaman Kosakata Benda Anak Tunarungu Melalui Metode Maternal Reflektif di Kelas D II B di SDLBN Tarantang Lima Puluh Kota. Jurnal E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 142-151.
Rinjani, Gemala, dkk. 2013, Implementasi Metode Maternal Reflektif dalam Pembelajaran Membaca Siswa Tunarungu SDLB-B Dharma Asih Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7), 1-10.
Sari, Puput Novita Prasetya dan Henry Praherdiono. 2014, Pengaruh Penggunaan Metode Maternal Reflektif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Tunarungu Kelas III SDLB. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 217-224.
Sumarlin, Desi, dkk. 2013, Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Glenn Doman Bagi Anak Tunagrahita Sedang. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 372-382.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, Eko Julianto. 2014, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Glenn Doman Bagi Anak Tunarungu Kelas II Di Sekolah Kebutuhan Khusus. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 68-75.
Wirantri, Theresia Evalina. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Maternal Reflektif (MMR) Terhadap Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif Siswa Tunarungu Kelas X di SMALB Malang. Skripsi: Universitas Negeri Malang.
Zulmiyetri. 2017, Metoda Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling dan pendidikan, 5(2), 62-67.
Diterbitkan
2020-03-25
Bentuk Sitasi
Fia, Auliya. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 1 (March 25, 2020): 26-34. Accessed March 29, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/540.
Section
Articles