Penggunaan Media Montase dalam Meningkatkan Kreativitas Anak di Kelompok B RA Miftahul Ulum II Jatigunting Wonorejo Pasuruan

  • Muhsinin Muhsinin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Media, montase, kreativitas Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas anak dan mengetahui penggunaan media montase di RA MIFTAHUL ULUM II Jati gunting kecamatan Wonorejo Kabupaten pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan fakta lokasi secara objektif. Untuk memperoleh informasi yang aktual maka dilakukan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak meningkat setelah dilakukan kegiatan media montase yaitu berada pada kriteria berkembang sangat baik, karena anak mengalami peningkatan setelah diberikan kegiatan montase menggunakan bahan bekas dari buku, majalah, koran bekas dan memilih gambar yang sesuai tema alam semesta mengenai perubahan alam  yang sesuai serta lancar dalam menggunting dan menempel. Penggunaan bahan bekas buku, majalah, koran dan kertas pada media Montase juga mampu menstimulasi berbagai aspek kreativitas meliputi: kelancaran, kelenturan, keaslian pada anak.

Penelitian ini dilakukan pada kelompok B yang terdiri dari 10 siswa, 5 siswa laki-laki dan  5 siswa perempuan di RA Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan media montase terbukti dapat  mengembangkan kreativitas anak dini pada siswa B di RA Miftahul Ulum II Wonorejo Tahun Ajaran 2019-2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arikunto, 2006, Perencanaan Pembelajaran Surakarta, Jakarta: Citra Pustaka.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. (Alih bahasa: Meitasari Tjandra & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiono, 2016, MetodePenelitianPendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV Alfabeta
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan
Tinggi.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Utami Munandar, (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. rev.ed. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Quraish Shihab, “Tafsir Al Misbah :Pesan, Kesan dan Keserasian Al Qur’an, Jakarta : Lentera Hati
Diterbitkan
2020-03-31
Bentuk Sitasi
Muhsinin, Muhsinin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 1 (March 31, 2020): 101-109. Accessed September 21, 2021. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/655.
Section
Articles