Manajemen Strategi Bersaing Sekolah Dasar Swasta
Abstrak
Dengan bertambahnya jumlah sekolah, sekolah dasar swasta sebagai salah satu lembaga pendidikan dihadapkan pada persaingan yang semakin kompleks. Oleh karena itu sekolah harus memiliki keunggulan bersaing agar tetap sustainable. Implementasi manajemen strategik dalam pendidikan dirasa penting untuk menumbuhkan keunggulan bersaing setiap lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi keunggulan bersaing di Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen. Sekolah baru yang mampu eksis di tengah kompetisi dengan sekolah lain yang sudah ada maupun yang berdiri setelahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, teknik pengumpulan informasi, dan waktu. Analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen menerapkan manajemen strategi keunggulan bersaing. Diawali dengan pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi, dan evaluasi. Dari proses manajemen strategi ini, ditetapkan beberapa strategi yang menunjang keunggulan bersaing sekolah, yang berfokus pada strategi diferensiasi. Sekolah Dasar Islam Terpadu Az Zahra 2 Sragen mendiferensiasikan dirinya dengan cara memakai kurikulum khas, menjaga kualifikasi dan mutu Sumber Daya Manusia yang mereka miliki, prestasi yang dihasilkan, penetapan biaya pendidikan yang lebih layak, serta kemudahan dalam aturan pembiayaan.
Downloads
Referensi
Aulia, D., Soleh, M., & Hariyati, N. (2023). Manajemen Strategik Pengelolaan Sekolah Di Mi Tri Shakti Surabaya. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 695–700. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4757
David Fred R, D. F. R. (2016). Strategic Manajemen: A Competitive Advantage Approach, Concepts and cases.
Ermaya, S. K. (2020). Analisis Aspek-Aspek Keunggulan Bersaing di Sekolah Dasar Swasta Nugraha Bandung. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 61–68. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/78/73
Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7
Fahrur, A., & Haryanto, B. (2023). The Role of School Committees and Associations in Supporting Competitive Advantage in Muhammadiyah Elementary School 2 Krian. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 5, 1–13. https://doi.org/10.21070/jims.v5i0.1583
Kamayuda, D. M. D. (2016). Perencanaan Strategi Bersaing Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru Di Salah Satu Sekolah Swasta Salatiga 1. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 15. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p15-29
Kholik, A., & Laeli, S. (2020). Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sekolah Alam Berbasis Model Resource-Based View. Tadbir Muwahhid, 4(1), 73. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.2540
Kholis, N. (2014). Manajemen strategi pendidikan: (formulasi, implementasi dan pengawasan). November, 172.
Mukni’ah dan Zainal Abidin. (2021). Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah Ibtidaiyah di Jember: Studi Multisitus. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4770
Nasikhah, K., & Zaenul Fitri, A. (2022). Analisis Daya Saing Pengembangan Lembaga Pendidikan Di Sdi Al-Huda Kota Kediri. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 67–85. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i1.2327
Porter M.E. (1990). Competitive Strategy. Free Press.
Sadiyah, K. (2019). Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Sd Islam Al-Syukro Universal Dalam Menghadapi Penguatan Daya Saing Di Tahun 2017. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 10. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2827
Wheelen T & Hunger J. (2012). Strategic Manajement and Bussiness Policy Toward Global Sustainability (13ed ed.). Pearson.
Wiratmuko, B., Masrokan, P., & Sujianto, A. E. (2023). Implementasi Competitive Strength, Competitive Area, Competitive Result dalam Peningkatan Daya Saing dan Pemasaran Jasa Pendidikan Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 247–266. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i2.1200

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.