Penerapan Bimbingan Karir pada Anak Tunagrahita di SMA Negeri 1 Menganti
Abstrak
Bimbingan karir di sekolah bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami diri sendiri, lingkungan, dan perencanaan masa depan, termasuk bagi siswa dengan kebutuhan khusus seperti tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan bimbingan karir bagi siswa tunagrahita di SMA Negeri 1 Menganti. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini melibatkan lima subjek yang dipilih berdasarkan rekomendasi guru Bimbingan dan Konseling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan karir membantu siswa tunagrahita dalam mengembangkan keterampilan dasar serta mengenali potensi diri. Siswa tunagrahita mampu mendeskripsikan keterampilan pribadi dan memiliki aspirasi karir seperti menjadi guru, polisi, dokter, psikiater, dan pengusaha. Program bimbingan karir yang diterapkan berperan dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang dunia kerja dan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan masa depan. Dengan bimbingan yang tepat, siswa tunagrahita dapat mengembangkan keterampilan hidup dan memiliki prospek karir yang lebih baik
Downloads
Referensi
Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2020). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education. Pearson.
Santrock, J. W. (2019). Children. McGraw-Hill Education.
Prayitno. (2017). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kopsidas, O. . (2024). The environmental friendliness of Holland’s personality types. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(6), 2721–2725. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i6.2542
Bosowski, A., Gumiński, A. (2024). Human resource management – personality traits and psychological profiles and the choice of a career path. http://dx.doi.org/10.29119/1641-3466.2024.204.3
Chen, H., Chen, H., Lu, T., Liu, C., Hu, C., Wang, C., & Yan, J. (2024). Personality profiles and physical activity across adolescent: Based on latent profile analysis. Acta Psychologica. Vol. 249 https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104455
Cao, J., Chen, F., Li, M., & Luo, X. (2025). Accounting backgrounds and technological innovation: Are accountant CEOs inferior innovators?. Research Policy, 54(3), 105175. https://doi.org/10.1016/j.respol.2025.105175
Bariyah, N., Dahlan, J. A., & Nti, S. J. (2024). Students thinking processes in generalizing patterns based on the personality of RIASEC Holland theory. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 8(2), 213-234. https://dx.doi.org/10.20961/ijpte.v8i2.96344
Dosyarovich, U. E. (2025). Collaborative technologies of preparing students for inclusive education in the process of independent education. International Scientific and Current Research. https://orientalpublication.com/index.php/iscrc/article/view/1796
Pratomo, H. T. A., Ibnata, A., & Gunawan, G. (2025). Effectiveness of story grammar markers in enhancing auditory memory children with learning disorders in Surakarta. Jurnal Penelitian Inovatif. https://jurnal-id.com/index.php/jupin
Varner, B., Lowery, M., & Block, M. E. (2025). Why We Did It: A Qualitative Analysis of Select Adaptive Gymnastics and Dance Programs. Disabilities, 5(1), 20. https://doi.org/10.3390/disabilities5010020
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.
Hou, Z.-J., Li, X., Liu, Y.-L., & Gati, I. (2016). The Emotional and Personality-Related Career Decision-Making Difficulties Questionnaire—Validation of the Chinese Version. Journal of Career Assessment, 24(2), 366-379. https://doi.org/10.1177/1069072715580565

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.