Penyalahgunaan Media Sosial dan Dampaknya bagi Pembentukan Moralitas Siswa SMAN 4 Kota Bima

  • Suryani Suryani Universitas Muhammadiyah Bima
  • Abdusaahid Abdusaahid Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Bima
Kata kunci: Media sosial, pembentukan moralitas, SMAN 4 Kota Bima

Abstrak

Penulis menelaah mengenai dampak  sosial media terhadap moral anak di sekolah SMA Negeri 4 Kota Bima, hal ini sangat menarik   karena   banyaknya   anak   yang   menyalahgunakan   media   sosial.   Karya   ini menganalisa tentang penggunaan sosial media yang berdampak pada pendidikan akhlak anak (moralitas). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui karya literatur lain, peneliti juga menginterview kepala sekolah dan siswa serta melakukan observasi di  sekolah  tersebut.  Berdasarkan  analisis  yang  sudah  dilakukan  maka  dapat  diketahui dampak positif  dan  negatif  penggunaan  sosial  media  terhadap  pendidikan  akhlak  anak (moralitas). Adapun dampak positif perkembangan sosial media terhadap pendidikan akhlak anak diantaranya anak dapat beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan, serta membuat anak mudah menyelesaikan tugas-tugasnya, sedangkan dampak negatif perkembangan sosial media terhadap moralitas anak sangat banyak diantaranya dapat membuat kelalaian pada anak sehingga anak-anak kurang displin dan bersifat malas, membuat anak-anak dengan mudah untuk menyontek karya-karya orang lain, tidak sopan baik dalam berpakaian maupun berbicara, sering bertengkar akibat adegan- adegan  yang  berbahaya  seperti  adegan  pornografi,  kekerasan,  peperangan  dan  lain sebagainya, serta membuat anak bolos sekolah karena mereka merasa lebih nyaman berada di warnet dari pada belajar di sekolah, bukan hanya itu sosial media juga membuat anak- anak menghabiskan uang jajan anak sehingga anak mengambil uang orangtuanya secara diam-diam untuk mengaksesnya di warnet. Oleh karena itu sosial media dapat menyebabkan kemorosatan pendidikan akhlak anak (moralitas).

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Anisah, Ani Siti, Fiqra Muhamad Nazib, C Mutiara, Sanita Putri, Sofi Sofiah Nurfadilah, and Rifki Nawawi. “Jurnal Pendidikan Agama Islam Perundungan Dunia Maya (Cyberbullying) Dan Cara Mengatasi Perspektif Islam,” 2024, 201–12.
Evita Sari Dalimunthe, Kamilah, and Muhammad Syahbudi. “Krisis Moral VS Peran Akidah Sifat 20 Menurut Muhammad Al-Fudhali Dalam Kitab Kifayatul Awam.” Jurnal Research and Education Studies 3, no. 1 (2023): 11–20.
Febrianti, Vini Putri, Tasya Alya Permata, Mamai Humairoh, Odita Mulyana Putri, Lisa Amelia, Shaynen Fatimah, and Rida Oktorida Khastini. “Analisis Pengaruh Perkembangan Teknologi Pertanian Di Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Produksi Padi Analyze the Impact of Technological Development in the Industrial Revolution 4.0 on Rice Production.” Jurnal Pengolahan Pangan 6, no. 2 (2021): 3.
Gunadi, Shafira Salsabila, Nurdinah Hanifah, and Rana Gustian Nugraha. “Analisis Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (2024): 177–84.
Hardani, S.pd., M. Si. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Edited by A. Md Husnu Abadi. Yogyakarta, 2020.
Harefa, Edward, Achmad Ruslan Afendi, Perdy Karuru, Sulaeman, and Alice Yeni Verawati Wote. Buku Ajar: Teori Belajar Dan Pembelajaran. Edited by Sepriano & Efitra. Ida Kumala. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Lundeto, Adri, and Kata Kunci. “The Development of Islamic Education in the Era of Globalization: Challenges and Opportunities Info Artikel Abstrak.” Journal of Scientech Research and Development 5, no. 2 (2023): 15–29.
Pujiono, Andrias. “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2021): 1.
Rozak, A. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Era Society 5.0 Siswa.” Hartaki: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (2023): 1–14.
Saputra, Muhammad Iqbal. “Dampak Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Pada Siswa SMP Negeri.” Liberosis : Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling 1, no. 1 (2023): 1–19.
Sarah, Lina. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Di Era Digital,” n.d., 53–64.
Seprina, Lisa, Br Sembiring, Ayu Nisa Lestari, Durroh Ma, and Email Penulis Korespondensi. “Pengaruh Kurang Optimalnya Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Indonesia” 01 (2024): 219–30.
Zain, Asmuni, and Zainul Mustain. “Penguatan Nilai-Nilai Spiritual Dan Moralitas Di Era Digital Melalui Pendidikan Agama Islam.” JEMARI : Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2024): 94–103.
Diterbitkan
2025-03-15
Bentuk Sitasi
Suryani, Suryani, Abdusaahid Abdusaahid, and Ferdiansyah Ferdiansyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 1 (March 15, 2025): 321-330. Accessed April 23, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2792.
Section
Articles